Silahkan jelaskan mengenai: Motivasi Komitmen Kerja Jangan lupa disertai dengan contohnya ya

Berikut ini adalah pertanyaan dari diancaesaria pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Silahkan jelaskan mengenai:Motivasi
Komitmen Kerja


Jangan lupa disertai dengan contohnya ya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang baik secara sadar maupun tidak sadar, untuk melakukan tindakan dengan tujuan tertentu. Contoh motivasi adalah seorang pelajar merasa lebih semangat belajar setelah membaca cerita sukses pelajar berprestasi yang berhasil mendapatkan nilai terbaik dan memperoleh beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Artinya pelajar tersebut telah memperoleh motivasi dari cerita sukses pelajar berprestasi itu.

2. Komitmen kerja adalah janji untuk melakukan pekerjaan atau bekerja secara profesional. Contoh komitmen kerja misalnya tidak pernah terlambat masuk kerja, serta menyelesaikan pekerjaan sesuai batas waktu yang ditentukan.

Pembahasan

1. Motivasi terbagi menjadi 3 macam yaitu:

  • Motivasi akan kebutuhan pokok, seperti makan, minum, bergerak dan istirahat/tidur.
  • Motivasi darurat yaitu dorongan untuk menyelamatkan diri, membalas, berusaha atau mengejar. Contoh dalam jawaban pertanyaan nomor 1, termasuk dalam motivasi darurat.
  • Motivasi obyektif yaitu dorongan yang diarahkan pada tujuan di sekitar kita. Contohnya motivasi terhadap minat ketika kita berada ditengah kelompok yang gemar membaca, maka kita juga akan termotivasi untuk suka membaca.

2. Berdasarkan kamus bahasa Indonesia, komitmen berarti perjanjian untuk atau keterikatan untuk melakukan sesuatu. Selain komitmen kerja, ada beberapa komitmen yang dikenal masyarakat seperti :

  • Komitmen pernikahan.
  • Komitmen siswa.
  • Komitmen organisasi.
  • Komitmen mahasiswa.

Dalam menjalankan komitmen tersebut biasanya ada janji-janji yang diucapkan atau dibuat secara tertulis.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang semangat dan komitmen kebangsaan kolektif yomemimo.com/tugas/15246023

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rinidinia dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 21 Aug 23