Setiap hari kita tidak terlepas dari penggunaan berbagai macam produk,

Berikut ini adalah pertanyaan dari kafiandrasurtano pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Setiap hari kita tidak terlepas dari penggunaan berbagai macam produk, mulai dari produk untuk kebutuhan sehari-hari, elektronik, makanan dan lain sebagainya. Coba Anda ambil salah satu jenis merek produk tertentu dan lakukan analisis sebagai berikut.1 Bagaimana melakukan segmentasi pasar produk tersebut? Jelaskan!
2 Siapa yang menjadi target pasar utama? Jelaskan!
3 Bagaimana positioning produk tersebut? Jelaskan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  • Cara menentukan segmentasi pasar: tentukan target pasar, ketahui masalah konsumen, ketahui prilaku konsumen, olah dan analisis data, tentukan strategi pemasaran, evaluasi respon dari pasar.
  • Yang menjadi target utamapasar kebutuhan sehari-hari adalah iburumah tangga.
  • Strateginya adalah dengan menggunakan promo atau diskon

Pembahasan

Segmentasi pasar adalah strategi untuk memetakan konsumen sasaran berdasarkan karakteristik, kebutuhan, atau perilaku mereka sehingga perusahaan dapat mengidentifikasi kelompok konsumen tersebut dengan lebih baik. Melalui segmentasi pasar, perusahaan dapat mengetahui target pelanggan mana yang cocok untuk mereka. Oleh karena itu, perusahaan diharapkan dapat memberikan hasil yang optimal dan mencapai efektivitas pemasaran yang tinggi. Pada dasarnya, salah satu alasan mengapa pasar terfragmentasi adalah karena pasar itu dinamis atau berubah. Oleh karena itu, bisnis harus mengikuti setiap perubahan ini agar dapat bertahan dan terus tumbuh.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang segmentasi pasar yomemimo.com/tugas/208870

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hatemonday dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 01 Feb 23