Deskripsikan praktik pembangunan di Indonesia sejak zaman Orde Baru sampai

Berikut ini adalah pertanyaan dari ecullen875 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Deskripsikan praktik pembangunan di Indonesia sejak zaman Orde Baru sampai sekarang! Menurut Anda, apakah praktik pembangunan di Indonesia didasarkan atas teori modernisasi, teori dependensi, atau teori sistem dunia?Berdasarkan data BPS 2019 jumlah orang miskin di desa berjumlah 24,79 juta. Jika Anda berupaya mengatasi kemiskinan tersebut dengan menggunakan konsep dan teori pembangunan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat apa yang Anda lakukan?
Apa saja yang berubah dari keberhasilan program pengentasan kemiskinan: dari kondisi masih miskin menjadi tidak miskin!
Penggelontoran Dana Desa kurang lebih satu milyar per Desa per tahun adalah salah satu model strategi penanggulangan kemiskinan di desa. Jelaskan model ini menggunakan strategi apa lalu prediksikan berdasarkan asumsi (pengandaian berdasarkan fakta yang ada), model dan strategi ini akan sukses atau gagal?
Pada masa pandemi saat ini permintaan atas alat2 kesehatan semakin meningkat. Untuk itu perusahaan Prima berencana meningkatkan keuntungan dengan melalui upaya pengelolan persediaan mereka. Bila diketahui permintaan atas perangkat tes anti bodi sebanyak 10.000 pertahun dengan biaya simpan sebesar Rp. 500 per unit serta biaya pemesanan sebesar Rp. 100.000.
Tentukan :
1. EOQ,
2. Frekuensi Pemesanan
3. Waktu Pemesanan Bila diketahui waktu kerja setahun selama 250 hari
4. Total biaya tahunan minimum (TIC),
5. Total Biaya pemesanan tahunan (TOC),
6. Total Biaya Simpanan Tahunan (TCC),
Kondisi saat ini yang sangat dinamis PT Prima mempertimbangkan untuk mengembangkan pabrik dengan kapasistas besar mengantisipasi terjadinya pandemi yang berkepanjangan. Jika pandemi ini berkepanjangan maka perusahaan akan memperoleh keuntungan Sebesar Rp. 1 M, sementara bila pandemi ini segera berakhir perusahaan akan menderi kerugian dari investarsi sebesar Rp. 600 juta. Bila PT Prima membangun Pabrik yang kecil, maka keuntungan yg diperoleh bila pasar sesuai harapan adalah 500 Jt dengan kerugian sebesar Rp. 250 jt bila pasar tidak sesuai harapan. Alaternatif lainnya adalah dengan memproduksi seperti biasa dan tidak memperoleh keuntungan tambahan atau kerugian lainnya.
Silahkan tentukan keputusan yang sebaiknya diambil bila:
1. Menggunakan Keputusan dalam ketidakpastian
2. Menggunakan Keputusan yang mengandung risiko
Jelaskan Proses Penyelesaian Programa Linier dengan metode grafik

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Deskripsikan praktik pembangunan di Indonesia sejak zaman Orde Baru sampai sekarang! Menurut Anda, apakah praktik pembangunan di Indonesia didasarkan atas teori modernisasi, teori dependensi, atau teori sistem dunia?

Sejak zaman Orde Baru (1966-1998), Indonesia mengadopsi praktik pembangunan yang didasarkan pada teori modernisasi, yang menekankan pada pembangunan ekonomi sebagai jalan menuju kemajuan dan modernitas. Pemerintah Indonesia melakukan pembangunan dengan mengutamakan pembangunan infrastruktur, industrialisasi, dan pertumbuhan ekonomi yang cepat. Namun, seiring waktu, praktik pembangunan di Indonesia juga terpengaruh oleh teori dependensi dan teori sistem dunia, yang menunjukkan bahwa Indonesia masih tergantung pada negara-negara maju dan dunia internasional dalam hal perdagangan dan investasi.

2. Berdasarkan data BPS 2019 jumlah orang miskin di desa berjumlah 24,79 juta. Jika Anda berupaya mengatasi kemiskinan tersebut dengan menggunakan konsep dan teori pembangunan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat apa yang Anda lakukan?

Untuk mengatasi kemiskinan di desa, saya akan menggunakan konsep dan teori pembangunan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Langkah-langkah yang dapat diambil meliputi:

  • Mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan, sehingga masyarakat dapat terlibat langsung dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program pembangunan yang ada.
  • Mengembangkan program-program pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan keterampilan, pengembangan usaha mikro, dan penyediaan akses ke pasar.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat di desa, sehingga masyarakat dapat memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan taraf hidup mereka.
  • Meningkatkan akses masyarakat di desa terhadap infrastruktur dasar, seperti air bersih, sanitasi, dan listrik, yang merupakan hal penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

3. Apa saja yang berubah dari keberhasilan program pengentasan kemiskinan: dari kondisi masih miskin menjadi tidak miskin!

Jika program pengentasan kemiskinan berhasil, beberapa perubahan yang dapat terjadi antara lain:

  • Meningkatnya tingkat kesehatan masyarakat, karena masyarakat yang sebelumnya miskin dapat memiliki akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan dan juga mampu memenuhi kebutuhan gizi yang cukup.
  • Meningkatnya kualitas pendidikan masyarakat, karena masyarakat yang sebelumnya miskin dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka, sehingga dapat fokus pada pendidikan dan pengembangan keterampilan yang dibutuhkan untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik.
  • Meningkatnya standar hidup masyarakat, karena masyarakat yang sebelumnya miskin dapat memperoleh akses yang lebih baik terhadap sumber daya, seperti air bersih, sanitasi, dan listrik, serta dapat memperoleh

Pembahasan:

Kemiskinan merupakan suatu keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti pangan, dandang, papan, pendidikan, serta kesehatan yang dapat disebabkan karena kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan.

Kemiskinan dipandang sebagai pangkal penyebab masalah sosial dan ekonomi dimana kemiskinan menjadi masalah sosial ketika stratifikasi dala masyarakat sudah menciptakan tingkatan atau garis-garis pembatas sehingga menyebabkan adanya kejanggalan atau batas pemisah dalam interaksi atau komunikasi antara orang yang berada di tingkatan yang di bawah dan di atasnya.

Pelajari Lebih lanjut

Pelajari Lebih lanjut tentang Bagaimanakah cara pemerintah mengatasi kemiskinan yomemimo.com/tugas/172995

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mohhan86 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 28 Jul 23