1. Dalam rangka mengatasi inflasi pemerintah dan Bank Indonesia bekerja

Berikut ini adalah pertanyaan dari misranbudi8 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Dalam rangka mengatasi inflasi pemerintah dan Bank Indonesia bekerja sama melakukan Kebijakan Diskonto yaitu2. Salah satu cara mengatasi inflasi yaitu Bank Indonesia akan cenderung meningkatkan nilai cadangan wajib dari masing-masing bank agar uang yang beredar kembali masuk ke bank dan berkurang di masyarakat, sehingga inflasi dapat diatasi. Kebijakan yang diambil oleh bank Indonesia tersebut disebut kebijakan

3. Berikut ini yang termasuk alat-alat pembayaran nasional​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Jawaban:

Menaikkan tingkat suku bunga sehingga masyarakat rajin menabung

Penjelasan:

Kebijakan Diskonto merupakan kebijakan pemerintah dengan menaikkan/menurunkan tingkat suku bunga yang ada di bank. Kebijakan Diskonto untuk mengurangi inflasi adalah dengan cara penetapan jumlah suku bunga lebih tinggi, sehingga jumlah uang yang beredar dalam masyarakat menurun dan inflasi juga turun. Jika bank sentral ingin meningkatkan stimulus ekonomi maka kebijakan diskonto yang diambil adalah dengan cara menurunkan suku bunga sehingga masyarakat lebih memilih berinvestasi daripada menabung, jumlah uang yang beredar di masyarakat bertambah.

2. Jawaban:

Giro wajib minimum

Penjelasan:

Kebijakan di mana Bank Indonesia meningkatkan nilai cadangan minimum disebut juga kebijakan giro wajib minimum, giro wajib minimum pada dasarnya merupakan sejumlah dana dalam jumlah minimum yang harus selalu tersedia pada saldo giro setiap bank di Bank Indonesia. Menaikkan cadangan wajib ini dilakukan agar bank dapat menarik uang yang beredar di masyarakat sehingga jumlah uang yang beredar tidak terlalu banyak.

3. Jawaban:

Rupiah

Penjelasan:

Alat pembayaran nasional antara lain:

* uang kartal

* uang giral

Alat pembayaran internasional antara lain:

* mata uang yang disepakati bersama sebagai alat pembayaran

* wesel

* letter of credit

* private compensation

* transfer telegrafis

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh aldir40 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 11 Apr 23