Di saat pandemi Covid 19, Andi cenderung memilih menyimpan uangnya

Berikut ini adalah pertanyaan dari nuranuraa26 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Di saat pandemi Covid 19, Andi cenderung memilih menyimpan uangnya di Bank karena khawatir akanketidakpastian ekonomi di masa depan. Andi adalah seorang pegawai swasta yang khawatir jika pandemi
terus berlanjut akan berdampak pada pemutusan hubungan kerja dari perusahaannya.
Berdasarkan contoh kasus diatas, berikan argumentasi anda mengenai motif permintaan uang yang
dilakukan Andi dengan mengaitkan dengan Teori Keynes !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Permintaan uang merupakan suatu konsep likuiditas keynes yaitu memegang uang tunai atau jumlah uang beredar di masyarakat. Andi yang sedang menabung, mengurangi permintaan uang di masyarakat sehingga meningkatkan nilai dari uang tersebut.

Pembahasan:

Permintaan uang adalah jumlah unit mata uang (dalam bentuk uang tunai atau giro) yang bersedia dipegang seseorang sebagai uang tunai (siap dan mudah digunakan). Pada dasarnya, jumlah uang beredar adalah jumlah uang yang tersedia dalam perekonomian.

Di sisi lain, jumlah uang beredar adalah jumlah uang yang beredar. Uang beredar didefinisikan sebagai jumlah uang tunai, giro, dan mata uang kuasi yang beredar pada waktu tertentu. Uang kuasi adalah uang yang disimpan di bank dalam bentuk deposito, deposito, dan valuta asing. Jadi ketika orang membutuhkan uang, berarti ada permintaan akan uang.

1. Teori Preferensi Likuiditas Keynes

Menurut teori Keynes, ada tiga alasan mengapa orang memegang uang. Tindakan pencegahan dan manfaat untuk transaksi. Berikut penjelasannya:

a) Motif Berdagang

Orang memegang uang untuk memudahkan kegiatan berdagang sehari-hari. Misalnya, jika Anda ingin membeli pensil dari koperasi, Anda harus membayar tunai (transaksi jual beli).

b) Alasan Mematuhi

Pasukan, tugas pengawalan disini berarti persiapan untuk hal yang tidak diinginkan atau tidak diharapkan. Misalnya, jika Anda sakit atau mengalami kecelakaan tanpa tabungan, bagaimana Anda akan membayarnya?

c) Motif Untung

Nama lain dari motif ini adalah motif spekulatif. Misalnya membeli emas saat harga emas rendah dan menjualnya saat harga emas tinggi. Nah, disinilah pentingnya Sepra. Selisih antara harga beli dan harga jual dapat menghasilkan keuntungan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang permintaan uang: yomemimo.com/tugas/64369

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 13 Feb 23