Berdasarkan hubungan biaya dengan volume kegiatan, biaya diklasifikasikan menjadi 3,

Berikut ini adalah pertanyaan dari snoopilusi pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Berdasarkan hubungan biaya dengan volume kegiatan, biaya diklasifikasikan menjadi 3, yaitu:1. Biaya variabel
2. Biaya tetap
3. Biaya campuran (variabel dan tetap)
Misalkan anda akan mengadakan suatu kegiatan reuni dengan teman-teman sekolah SD. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di sebuah pertemuan. Silahkan di rinci biaya-biaya apa saja yang akan muncul (sebanyak-banyaknya), dan klasifikasikan biaya-biaya tersebut berdasarkan volume kegiatannya. Beri juga alasan mengapa biaya biaya tersebut masuk ke dalam klasifikasi.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Biaya-biaya yang akan muncul dalam kegiatan reuni dengan teman-teman sekolah SD di sebuah pertemuan dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Biaya variabel

- Konsumsi makanan dan minuman: Biaya ini dapat dianggap sebagai biaya variabel karena semakin banyak orang yang menghadiri acara, semakin banyak makanan dan minuman yang harus disediakan.

- Souvenir: Biaya ini juga dapat dikategorikan sebagai biaya variabel karena semakin banyak orang yang hadir, semakin banyak souvenir yang harus dibeli.

2. Biaya tetap

- Sewa gedung pertemuan: Biaya ini dapat dianggap sebagai biaya tetap karena biayanya tidak berubah tergantung pada jumlah orang yang hadir. Biaya sewa gedung akan tetap sama baik acara dihadiri oleh 30 orang atau 100 orang.

- Biaya dekorasi: Biaya dekorasi juga termasuk dalam biaya tetap karena biayanya tidak berubah tergantung pada jumlah orang yang hadir. Biaya dekorasi akan tetap sama baik acara dihadiri oleh 30 orang atau 100 orang.

3. Biaya campuran (variabel dan tetap)

- Biaya fotografer: Biaya ini dapat dianggap sebagai biaya campuran karena biayanya tergantung pada jumlah orang yang hadir dan juga durasi acara. Semakin banyak orang yang hadir dan semakin lama acara berlangsung, semakin banyak waktu yang dibutuhkan fotografer dan biaya fotografer pun semakin besar.

Alasan mengapa biaya-biaya tersebut masuk ke dalam klasifikasi adalah sebagai berikut:

1. Biaya variabel

Biaya variabel adalah biaya yang berubah seiring dengan volume kegiatan. Oleh karena itu, biaya makanan dan minuman dan souvenir termasuk ke dalam biaya variabel karena semakin banyak orang yang hadir, semakin banyak makanan dan minuman serta souvenir yang harus disediakan.

2. Biaya tetap

Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah tergantung pada volume kegiatan. Oleh karena itu, biaya sewa gedung pertemuan dan biaya dekorasi termasuk ke dalam biaya tetap karena biayanya tidak berubah tergantung pada jumlah orang yang hadir.

3. Biaya campuran (variabel dan tetap)

Biaya campuran adalah biaya yang terdiri dari unsur biaya variabel dan biaya tetap. Oleh karena itu, biaya fotografer termasuk ke dalam biaya campuran karena biayanya tergantung pada jumlah orang yang hadir dan juga durasi acara. Semakin banyak orang yang hadir dan semakin lama acara berlangsung, semakin besar biaya fotografer.

Semoga membantu :)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh saalfatih dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 16 Jun 23