Kevin adalah siswa kelas X SMA yang memiliki kebutuhan sebagai

Berikut ini adalah pertanyaan dari niningalief431 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kevin adalah siswa kelas X SMA yang memiliki kebutuhan sebagai berikut • Membeli laptop seharga Rp2.500.000,00 untuk mengerjakan tugas • Menukarkan ponsel lama dengan ponsel keluaran terbaru. Ponsel lama dihargal Ro1.500.000.00 dan harga ponsel baru Rp2.300.000.00 • Membeli sepatu baru untuk futsal dengan harga Rp670.000,00 (sepatu lama, masih bagus) • Mengganti ban sepeda yang telah halus dengan harga Rp500.000,00. • Memodifikasi sepeda agar terlihat keren dengan biaya Rp400.000,00 • Membeli seragam olahraga karena telah rusak Rp90.000,00 • Membell kuota internet untuk mengerjakan tugas sebesar Rp150.000,00. Jika Kevin mempunyai tabungan sebesar Rp3.250.000.00. tentukan pengelolaan keuangan yang baik untuk kevin!mohon senin dikumpulkan​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Untuk mengelola keuangan dengan baik, Kevin dapat melakukan beberapa hal berikut:

  1. Menentukan prioritas kebutuhan. Kevin dapat menentukan prioritas kebutuhan yang harus dibeli dan yang dapat ditunda. Misalnya, Kevin dapat menganggap kebutuhan untuk membeli laptop dan menukar ponsel lama dengan ponsel baru sebagai prioritas, sementara kebutuhan untuk memodifikasi sepeda dan membeli seragam olahraga dapat ditunda.
  2. Mencari harga yang lebih murah. Kevin dapat mencari harga yang lebih murah untuk barang yang akan dibeli. Misalnya, Kevin dapat mencari laptop yang sama dengan harga yang lebih murah di toko lain, atau mencari ponsel baru yang sama dengan harga yang lebih murah di situs jual beli online.
  3. Mencari sumber pendapatan tambahan. Kevin dapat mencari sumber pendapatan tambahan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak tercover dengan tabungan yang ada. Misalnya, Kevin dapat mencari pekerjaan part-time atau menjual barang-barang yang tidak terpakai untuk mendapatkan uang tambahan.
  4. Mengatur pengeluaran. Kevin dapat mengatur pengeluaran dengan membuat anggaran bulanan dan mengikuti anggaran tersebut agar tidak mengeluarkan lebih banyak uang daripada yang dianggarkan. Misalnya, Kevin dapat mengatur pengeluaran untuk membeli kuota internet, membeli sepatu futsal, dan mengganti ban sepeda dalam satu bulan, dan membeli laptop dan menukar ponsel lama dengan ponsel baru di bulan berikutnya.
  5. Menabung secara rutin. Kevin dapat menabung secara rutin untuk mempersiapkan dana darurat atau untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Misalnya, Kevin dapat menabung sebagian dari uang yang didapat dari pekerjaan part-time atau menjual barang-barang yang tidak terpakai untuk menambah tabungan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Box69 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 10 Mar 23