Konsep Dasar Ekonomi Manajerial Jelaskan pemahaman anda tentang konsep ekonomi manajerial

Berikut ini adalah pertanyaan dari ecullen875 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Konsep Dasar Ekonomi ManajerialJelaskan pemahaman anda tentang konsep ekonomi manajerial dalam teori ekonomi yang diterapkan dalam pengambilan keputusan baik untuk kepentingan bisnis maupun non bisnis!
Analisis Permintaan
Apakah analisis permintaan dapat memberikan informasi tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan permintaan, baik individu maupun pasar, bagaimana variabel permintaan dan strateginya!
Teori Produksi
Mengapa produsen perlu mempertimbangkan konsep isokuant dan isokos dalam proses produksinya, Jelaskan dan berikan contoh!
Seseorang memegang uang setidaknya dilandasi tiga motif, yaitu motif transaksi, motif berjaga-jaga, dan motif untuk spekulasi. Tentukan masing-masing 5 (lima) contoh yang meliputi ketiga motif tersebut dalam kehidupan sehari-hari!
Terdapat dua pandangan mengenai pencetakan uang beredar. Salah satunya berpendapat bahwa uang beredar ditentukan oleh otoritas moneter atau bank sentral. Jelaskan bagaimana uang beredar ditentukan oleh otoritas moneter!
Apakah bank syariah hanya bisa digunakan oleh golongan tertentu saja? Jelaskan jawaban Anda dan sertakan perbedaan utama bank syariah dengan bank konvensional lainnya!
Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan uang untuk transaksi dalam teori permintaan uang Keynes? Jelaskan dan tunjukkan dengan gambar!
Dalam teori klasik, V (velocity) adalah konstan namun dalam persamaan Friedman nilai V berfluktuasi. Uraikan alasan mengapa dalam teori klasik V adalah konstan.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  • Pemahaman tentangkonsep ekonomi manajerial dalam teori ekonomi yang diterapkan dalam pengambilan keputusan baik untuk kepentingan bisnis maupun non bisnis adalah terapan yang menggabungkan antara teori ekonomi dan mekanisme dalam sebuah pengambilan keputusan.Manfaat dari penggunaan metode ini adalah dapat membantu memahami bagaimana determinan ekonomi mempengaruhi kinerja dan perilaku perusahaan.
  • Analisis permintaan dapat memberikan informasi tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan permintaan, baik individu maupun pasar. Variabel permintaan Variabel permintaan yaitu karakteristik, jumlah, atau kuantitas yang dapat diukur atau dihitung. Strategi yang digunakan untuk mengelola permintaan seperti segmentasi demand, memberikan insentif harga, meningkatkan penggunaan waktu sepi (off-peak) serta sistem reservasi.
  • Karena dengan konsep isokuanty dan isokos maka  memberikan tingkat output produksi yang sama untuk berbagai kombinasi penggunaan dua input variabel dan  kurva anggaran produksi yang mencerminkan kombinasi dari dua input (faktor produksi) yang mempunyai biaya yang sama.
  • Contoh motif transaksi seperti membeli makanan atau pakaian, sedangkan contoh motif berjaga-jaga seperti membayar asuransi kesehatan atau menabung untuk hari tua.Motif spekulasi contohnya  menabung di bank, menjadi investor suatu perusahaan.
  • Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan uang menurut J. M. Keynes adalah alasan bertransaksi Alasan berjaga-jaga Alasan untuk melakukan spekulasi Alasan untuk mendapat bunga.
  • Dalam teori klasik V adalah konstan. Karena ditentukan oleh karaktersitik Kelembagaan Perbankan pada masa itu. Sistem Kelembagaan Perbankan mencerminkan “Tingkat Monetisasi” dari Sektor-sektor Ekonomi, Kredit Perdagangan, Perbaikan Komunikasi dan Sistem Jaringan Perbankan.

Pembahasan :

Ekonomi manajerial adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari penerapan prinsip-prinsip ekonomi dalam proses pengambilan keputusan di dunia bisnis.

Ekonomi manajerial dapat berfungsi untuk mengelola keuangan agar perusahaan mendapatkan profit yang maksimal dengan menganalisis bagian yang menunjang profit dan sebaliknya. Hal ini bertujuan agar perusahaan terhindar dari kebangkrutan.

Pelajari lebih lanjut

Teori produksi

yomemimo.com/tugas/53681110

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh resitaana95 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 28 Jul 23