4. Setelah masa pandemi covid-19 sedikit berlalu, banyak perubahan di

Berikut ini adalah pertanyaan dari a08748588 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4. Setelah masa pandemi covid-19 sedikit berlalu, banyak perubahan di masyarakat yang terjadisebagai respon masyarakat terhadap masa pandemi tersebut, tetapi masih banyak kebiasaan yang
masih tetap dilakukan seperti harus rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.
Dari kasus di atas, jelaskanlah 3 (tiga) faktor pendorong perubahan sosial budaya dan
berikan contoh masing-masing faktor pendorong tersebut!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Penjelasan:

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi pendorong perubahan sosial budaya dalam masyarakat, di antaranya:

Teknologi: Perkembangan teknologi dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap cara masyarakat berinteraksi, berkomunikasi, dan mengakses informasi. Contohnya, selama masa pandemi covid-19, teknologi telekonferensi seperti Zoom atau Skype memungkinkan masyarakat untuk terus berkomunikasi dan bekerja secara jarak jauh.

Ekonomi: Kondisi ekonomi yang terjadi di suatu masyarakat dapat mempengaruhi cara masyarakat mengelola sumber daya yang dimilikinya, serta bagaimana masyarakat mengelola keuangan dan mencari nafkah. Contohnya, selama masa pandemi covid-19, banyak masyarakat yang mengalami pengangguran atau terpaksa harus menyesuaikan kegiatan ekonomi dengan kondisi yang ada.

Politik: Perubahan-perubahan politik yang terjadi di suatu masyarakat dapat mempengaruhi norma-norma, aturan, dan cara masyarakat berinteraksi. Contohnya, selama masa pandemi covid-19, banyak negara yang memberlakukan aturan-aturan khusus untuk mengendalikan penyebaran virus, seperti pembatasan perjalanan, pemakaian masker, dan sebagainya.

Budaya: Masyarakat dapat terpengaruh oleh budaya lain yang masuk ke dalam masyarakat tersebut, baik melalui media, perjalanan, atau interaksi dengan kelompok lain. Contohnya, selama masa pandemi covid-19, masyarakat di banyak negara mulai memperkenalkan kebiasaan baru seperti memakai masker di tempat umum atau membersihkan tangan secara rutin.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh pandianherta53 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 24 Mar 23