Harga 1 botol teh Rp.10.000 Minum 1 botol skor

Berikut ini adalah pertanyaan dari dinaarnandi pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Harga 1 botol teh Rp.10.000Minum 1 botol skor kepuasan konsumen 10 Minum botol ke 2, skor kepuasan konsumen 20 Minum botol ke 3, skor kepuasan konsumen 20 Minum botol ke 4 skor kepuasan konsumen 5 Minum botol ke 5, skor kepuasan konsumen 0 Diminta : • Hitung di berapa rupiah kepuasan konsumen mencapai titik maksimal ( maximum utility)
Buat grafik marginal utility.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

Untuk menghitung titik maksimal kepuasan konsumen, perlu diketahui bahwa teori utilitas marjinal menyatakan bahwa kepuasan konsumen mencapai maksimum ketika marjinal utility (perubahan kepuasan konsumen setiap satu unit tambahan konsumsi) bernilai 0. Jika kepuasan konsumen menurun pada setiap tambahan unit konsumsi, maka sudah tidak menguntungkan bagi konsumen untuk mengonsumsi unit tambahan.

Berdasarkan data yang diberikan, marjinal utility setiap tambahan botol teh adalah:

Botol ke-2 : 20 - 10 = 10

Botol ke-3 : 20 - 20 = 0

Botol ke-4 : 5 - 20 = -15

Botol ke-5 : 0 - 5 = -5

Titik maksimal kepuasan konsumen terjadi pada botol ke-3, dengan marjinal utility bernilai 0. Oleh karena itu, pada botol ke-3 adalah titik maksimal kepuasan konsumen dengan total biaya sebesar Rp.30.000 (10.000 x 3).

Grafik marginal utility dapat dibuat dengan menggambar perubahan marjinal utility setiap tambahan unit konsumsi (dalam hal ini adalah botol teh). Grafik ini menunjukkan bahwa marjinal utility mulai menurun pada botol ke-2 dan mencapai titik minimum pada botol ke-3, sehingga menjadi titik maksimal kepuasan konsumen.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh akunclashofclan46 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 09 May 23