Apa perbedaan risiko sistematik dengan risiko sistematis ?​

Berikut ini adalah pertanyaan dari afifahafh30 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apa perbedaan risiko sistematik dengan risiko sistematis ?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Dalam prakteknya, istilah "risiko sistematik" lebih umum digunakan dalam literatur keuangan dan investasi, sementara "risiko sistematis" lebih umum digunakan dalam literatur ekonomi dan manajemen risiko.

Penjelasan:

Sebenarnya, istilah "risiko sistematik" dan "risiko sistematis" merujuk pada konsep yang sama, yaitu risiko yang terkait dengan faktor-faktor sistemik atau pasar yang mempengaruhi keseluruhan pasar atau industri, bukan hanya perusahaan atau individu tertentu. Oleh karena itu, kedua istilah tersebut dapat dianggap sinonim.

Namun dalam prakteknya, istilah "risiko sistematik"lebih umum digunakan dalamliteratur keuangan dan investasi, sementara "risiko sistematis" lebih umum digunakan dalam literatur ekonomi dan manajemen risiko. Beberapa sumber juga menggunakan istilah "risiko sistemik" untuk menggambarkan konsep yang sama. Sebagai contoh, risiko sistematik atau sistematis dapat terjadi ketika faktor-faktor seperti perubahan suku bunga, perubahan kebijakan pemerintah, atau gejolak pasar secara keseluruhan dapat mempengaruhi performa investasi secara menyeluruh. Risiko ini dapat dihindari melalui diversifikasi portofolio, namun tidak dapat dihilangkan sepenuhnya.

Kesimpulan:

  • Kedua istilah ini mengacu pada risiko yang sama dan digunakan secara bergantian dalam beberapa konteks. Namun, risiko sistematik lebih umum digunakan dalam literatur keuangan dan investasi, sedangkan risiko sistematis lebih umum digunakan dalam literatur ekonomi dan manajemen risiko.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh KeylliaMonica dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 30 Jun 23