Jelaskan Asumsi dari Nilai Guna Ordinal yang terdiri dari Konveksitas

Berikut ini adalah pertanyaan dari rizkyizky pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan Asumsi dari Nilai Guna Ordinal yang terdiri dari Konveksitas dan Nilai Guna

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Asumsi dari nilai guna ordinal terdiri dari dua bagian: konveksitas dan nilai guna.

Konveksitas: Asumsi ini menyatakan bahwa sebagai jumlah konsumsi suatu barang atau jasa meningkat, nilai guna yang diperoleh dari setiap tambahan unit barang atau jasa akan terus menurun. Ini berarti bahwa jika seseorang saat ini memiliki 2 unit suatu barang, nilai guna yang diperoleh dari unit ketiga akan lebih rendah dibandingkan nilai guna yang diperoleh dari unit kedua.

Nilai guna: Asumsi ini menyatakan bahwa nilai guna yang diperoleh dari suatu barang atau jasa tidak dapat diukur secara numerik. Ini berarti bahwa seseorang tidak dapat mengatakan bahwa "nilai guna dari sebuah kopi adalah 5" atau "nilai guna dari sebuah mobil adalah 10". Nilai guna hanya dapat ditentukan oleh individu dan dinyatakan dalam urutan preferensi, misalnya "saya lebih menyukai kopi dibandingkan teh" atau "saya lebih menyukai mobil A dibandingkan mobil B".

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh bryantsyahputra dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 18 Apr 23