sumber sumber penerimaan apbn

Berikut ini adalah pertanyaan dari bbbb2 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sumber sumber penerimaan apbn

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sumber-Sumber Penerimaan Negara (APBN)

sumber penerimaan atau pendapatan negara adalah sebagai berikut:

1. Penerimaan Perpajakan

penerimaan perpajakan terdiri dari:

  • Pendapatan Pajak Dalam Negeri, semua penerimaan negara yang berasal dari pendapatan pajak penghasilan, pendapatan pajak pertambahan nilai barang dan jasa, pendapatan pajak penjualan atas barang mewah, pendapatan pajak bumi dan bangunan, pendapatan cukai, dan pendapatan pajak lainnya.
  • Pendapatan Pajak Perdagangan Internasional, semua penerimaan negara yang berasal dari pendapatan bea masuk, dan pendapatan bea keluar.

2. Penerimaan Negara Bukan Pajak, yaitu semua penerimaan Pemerintahan Pusat yang diterima dalam bentuk penerimaan dari sumber daya alam, bagian Pemerintah atas laba Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pendapatan Badan Layanan Umum (BLU) , PNBP lainnya.

3. Penerimaan Hibah, yaitu penerimaan negara baik dalam bentuk devisa dan/atau devisa yang dirupiahkan, rupiah, maupun dalam bentuk barang, jasa, dan surat berharga yang diperoleh dari pemberi hibah yang tidak perlu dibayar kembali dan yang tidak mengikat, baik berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.


Pembahasan

Pengertian APBN

Anggaran Pendapatan dan Belaja Negara (APBN) adalah suatu daftar yang memuat rincian pendapatan dan pengeluaran negara untuk waktu tertentu, biasanya satu tahun.

Tujuan APBN

Tujuan penyusunan APBN adalah sebagai pedoman pendapatan dan pembelanjaan negara dalam melaksanakan tugas kenegaraan untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerja, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat.

Fungsi APBN

  1. Fungsi alokasi : Penerimaan yang berasal dari pajak dapat dialokasikan untuk pengeluaran yang bersifat umum, seperti pembangunan jembatan, trotoar, dan jalan.
  2. Fungsi distribusi : Pendapatan yang masuk tidak hanya digunakan untuk kepentingan umum, tetapi dapat juga didistribusikan dalam bentuk dana subsidi dan dana pensiun.
  3. Fungsi stabilisasi : APBN berfungsi sebagai pedoman agar pendapatan dan pengeluaran keuangan negara teratur sesuai dengan yang ditetapkan.

Pelajari Lebih Lanjut

agar lebih memahami bab ini, yuk pelajari juga :

  1. asas penyusunan APBN - yomemimo.com/tugas/14505987
  2. landasan hukum APBN - yomemimo.com/tugas/15832049
  3. proses penyusunan APBN - yomemimo.com/tugas/196807

-----------------------------------------------------------------------------------------------------


Detil Jawaban

Kelas : 11

Mapel : Ekonomi

Bab : 6. APBN danAPBD dalam Pembangunan Ekonomi

Kode : 11.12.6


Kata Kunci : sumber penerimaan, APBN



Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh chaiwiwi29 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 25 Jan 16