bila diketahui simpangan baku suatu distribusi adalah 6 dan distribusi

Berikut ini adalah pertanyaan dari stepenanderson pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

bila diketahui simpangan baku suatu distribusi adalah 6 dan distribusi normalnya adalah 10,maka gambarkan kurva normalnya!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Untuk menggambarkan kurva normal, kita memerlukan informasi tentang mean (rerata) distribusi tersebut. Namun, informasi yang diberikan hanya simpangan baku (standard deviation). Tanpa mean, kita tidak dapat menggambarkan secara spesifik kurva normalnya.

Dalam distribusi normal, simpangan baku (standard deviation) mengontrol sebaran data di sekitar mean. Semakin besar simpangan baku, semakin lebar kurva normalnya. Namun, simpangan baku sendiri tidak memberikan informasi tentang posisi atau bentuk kurva normal.

Jadi, tanpa informasi tentang mean, tidak mungkin menggambarkan kurva normal secara spesifik hanya dengan simpangan baku yang diberikan.

Pembahasan

Simpangan baku (standard deviation) adalah ukuran statistik yang digunakan untuk mengukur sejauh mana data tersebar atau berbeda dari nilai rata-rata. Simpangan baku mengindikasikan seberapa jauh titik data individual tersebar di sekitar rata-rata.

Simpangan baku dihitung dengan mengambil akar kuadrat dari varian (variance). Varian merupakan rata-rata dari kuadrat selisih antara setiap nilai data dengan nilai rata-rata. Dalam rumus matematis, simpangan baku dapat dinyatakan sebagai akar kuadrat dari varian.

Pelajari lebih lanjut

Materi penjelasan tentang simpangan baku yomemimo.com/tugas/1750263

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh daniatykurniawan84 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 20 Aug 23