1. Partai politik merupakan komponen pokok dalam pelaksanaan Pemilu. Jelaskan

Berikut ini adalah pertanyaan dari mohamadprayitno414 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Partai politik merupakan komponen pokok dalam pelaksanaan Pemilu. Jelaskan jawaban Anda dankaitkan dengan konsep sistem perwakilan di Indonesia!
2. Perkembangan kelembagaan partai politik di Indonesia seringkali terkooptasi dengan kepentingan politik
elit. Jelaskan! Kaitkan dengan fungsi partai politik.
3. Klasifikasi partai politik di Indonesia sejak awal kemerdekaan adalah multi-partai. Jelasakan jawaban Anda
dengan menguraikan persamaa dan perbedaan klasifikasi partai politik pada periode Orde Lama, Orde
Baru dan saat Pemilu 2019 yang baru lalu.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1) Partai politik kaitkan dengan konsep sistem perwakilan di Indonesia yaitu sebagai sarana sosialisasi politik, dan untuk memenangkan pemilihan umum (pemilu) dan menguasai pemerintahan (dalam arti pemimpin daerah, presiden, atau pemimpin lainnya), partai politik harus bisa politik mensosialisasikan dan perlu memperoleh dukungan publik sebesar-besarnya dengan mengutamakan partai politik yang memperjuangkan kepentingan masyarakat dan kepentingan umum.

2) Elit adalah kelompok kecil orang kuat seperti oligarki yang mengontrol kekayaan dan kekuasaan politik dalam masyarakat. Kelompok ini memiliki status yang lebih tinggi dari masyarakat umum dan hak-hak yang lebih besar dari masyarakat kelas bawah. Hubungannya dengan fungsi partai politik sendiri politik sebagai wadah rekrutmen politik, dengan maksud untuk mempersiapkan calon legislatif, meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam pemilu sering kali didominasi orang-orang Elit.  

3) Perbedaan partai politik pada periode Orde Lama, Orde Baru dan saat Pemilu 2019:

  • Partai politik masa Orde Baru yaitu penyederhanaan Partai Politik: Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang merupakan gabungan dari NU, Parmusi, PSII, dan PERTI. Partai Demokrasi Indonesia (PDI) yang merupakan gabungan dari PNI, Partai Katolik, Partai Murba, IPKI, dan Parkindo.
  • Partai politik masa Orde Baru: Hanya berjumlah 3 partai yaitu Partai Persatuan Pembangunan, Partai Demokrasi Indonesia, dan Golongan Karya.
  • Partai politik tahun 2019: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 14 partai politik sebagai peserta pemilu federal 2019. Empat belas parpol dinilai memenuhi persyaratan administratif dan verifikasi substantif di tingkat nasional. Diantarnya yaitu: Partai Amanat Nasional, Partai Berkarya, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasional Demokrat, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gerakan Perubahan Indonesia,  Partai Persatuan Indonesia, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Pembahasan

Partai politik adalah organisasi yang mengkoordinir para kandidat untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum di suatu negara tertentu. Anggota partai biasanya berbagi ide yang sama tentang politik, dan partai politik dapat mempromosikan tujuan ideologis atau politik tertentu.

  • Tujuan umum partai politik adalah:
    Untuk mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  • Mengembangkan kehidupan demokrasi berdasarkan Pancasila dengan menjaga kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang peranan partai politik yomemimo.com/tugas/8362731

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ikarikayah dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 16 Jan 23