1. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri gaya lisan komunikasi persuasif! Dari

Berikut ini adalah pertanyaan dari nitamra53 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri gaya lisan komunikasi persuasif! Dari ciri-ciri gaya lisan tersebut, harap Anda analisis gaya lisan yang sering digunakan oleh salah satu kepala daerah dalam mengkomunikasikan covid 19!READY WA O896-55OO-5OOO.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Ciri-ciri gaya lisankomunikasi persuasifadalah sebagai berikut:

  • Kata-kata yang digunakan bersifat mengajak atau membujuk
  • Komunikasi persuasif pada umumnya disertai dengan fakta-fakta serta bukti sehingga lebih kuat dalam upaya mempengaruhi orang lain
  • Menggunakan kata-kata yang membuat pendengar / pembaca antusias, terprovokasi, atau tertarik
  • Bersifat tidak memaksakan suatu pendapat kepada orang lain

Pembahasan:

Komunikasi persuasif merupakan suatu bentuk komunikasi yang dilakukan untuk mempengaruhi atau merubah sikap, kepercayaan, dan perilaku seseorang sehingga mau bertindak sesuai yang diharapkan oleh komunikator. Tujuan komunikasi persuaif adalah:

  • Mengubah atau menegaskan perilaku komunikan
  • Mempengaruhi orang lain
  • Memperkuat kegiatan komunikasi lewat penyampaian ilustrasi dan menampilkan informasi yang dapat memotivasi komunikan

Gaya lisan yang sering digunakan oleh pejabat-pejabat negara dalam mengkomunikasikan C-19 adalah sebagai berikut:

  • Para pejabat negata maupun daerah biasanya akan melakukan sosialisasi (mengkomunikasikan) suatu hal dengan menggunakan kata-kata yang bersifat membujuk atau mengajak. Dalam hal mengkomunikasikan C-19, pejabat daerah/negara pastinya mengkomunikasikan masalah ingin dengan menggunakan kata-kata yang bersifat membujuk serta mengajak dengan menyertai fakta-fakta kasus C-19 yang terjadi di lapangan. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat bisa percaya bahwa pandemi yang tengah terjadi ini memang serius. Setelah para pendengar percaya bahwa pandemi ini masalah yang serius, mereka pasti akan berusaha sebisa mungkin untuk terhindar dari virus tersebut dengan cara menggunakan masker dan menjaga jarak seperti yang sudah dianjurkan oleh para pejabat negara/daerah melalui iklan ataupun sosialisasi.

Pelajari lebih lanjut:

Materi mengenai Contoh Kalimat Persuasif pada yomemimo.com/tugas/821991

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh esakaes dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 09 Aug 23