Dalam SIM (sistem informasi manajemen) terdapat fungsi-fungsi organisasi yang terdiri

Berikut ini adalah pertanyaan dari azizahzn45 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dalam SIM (sistem informasi manajemen) terdapat fungsi-fungsi organisasi yang terdiri dari SI Pemasaran, SI Keuangan, SI Sumber Daya Manusia, SI Produksi, SI Eksekutit, SI Akuntasi. Gambarkan dan jelaskan masing2 yang ada pada sub-sistem pada Sistem Informasi fungsi organisasi tersebut dan berikan contoh2 nya pada perusahaan.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Sistem Informasi (SI) merupakan suatu sistem yang mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, menganalisis dan menyampaikan informasi untuk mendukung operasi dan keputusan bisnis pada suatu organisasi. Dalam SIM terdapat beberapa fungsi organisasi, diantaranya adalah:

  1. SI Pemasaran: berfungsi untuk membantu perencanaan, pemantauan dan evaluasi program pemasaran. Contoh dari sistem ini adalah Customer Relationship Management (CRM) yang membantu mengelola hubungan dengan pelanggan dan membantu meningkatkan penjualan.
  2. SI Keuangan: berfungsi untuk membantu manajemen dan pengendalian keuangan perusahaan. Contoh sistem ini adalah Enterprise Resource Planning (ERP) yang membantu melakukan perencanaan sumber daya, pemantauan biaya dan manajemen cash flow.
  3. SI Sumber Daya Manusia: berfungsi untuk membantu manajemen sumber daya manusia, termasuk rekrutmen, perekrutan, pelatihan dan pengembangan, dan manajemen karier. Contoh sistem ini adalah Human Resource Information System (HRIS) yang membantu memantau dan mengelola informasi tentang karyawan.
  4. SI Produksi: berfungsi untuk membantu manajemen dan pengendalian produksi. Contoh sistem ini adalah Manufacturing Resource Planning (MRP) yang membantu mengelola bahan baku, waktu produksi, dan pemantauan kualitas produk.
  5. SI Eksekutif: berfungsi untuk membantu pengambilan keputusan eksekutif. Contoh sistem ini adalah Executive Information System (EIS) yang membantu pimpinan memantau kinerja perusahaan dan membuat keputusan strategis.
  6. SI Akuntansi: berfungsi untuk membantu manajemen dan pengendalian akuntansi. Contoh sistem ini adalah Accounting Information System (AIS) yang membantu melakukan pemantauan aktivitas akuntansi dan memastikan bahwa informasi akuntansi akurat dan tepat waktu.

Dengan demikian, setiap sub-sistem dalam SIM memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk membantu manajemen dan pengendalian operasi bisnis pada perusahaan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh richoarbiantoo dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 11 May 23