Bank Indonesia (BI) menegaskan kebijakan moneter masih diarahkan untuk mendukung

Berikut ini adalah pertanyaan dari nonuu pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bank Indonesia (BI) menegaskan kebijakan moneter masih diarahkan untuk mendukung pertumbuhan (pro growth) dan stabilitas (pro stability). Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan bank sentral terus menjalankan bauran kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi guna mendukung pertumbuhan ekonomi.Bersama dengan pemerintah, BI juga memastikan stabilitas harga dengan terus mengendalikan inflasi. "Stabilitas harga penting bagi pertumbuhan ekonomi dan investasi," tegas Perry, dalam program Literasi Keuangan Indonesia Terdepan (LIKE IT), Jumat (12/8/2022). Perry mengklaim bahwa inflasi Indonesia relatif lebih rendah dari negara lain, meskipun berada di atas 4%. Menurutnya, inflasi yang terjaga ditopang oleh kebijakan subsidi dari pemerintah. Lebih lanjut, dia menuturkan BI bersama Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) mendukung perekonomian melalui kebijakan makroprudensial yang akomodatif dan progrowth.

"Kami terus melakukan insentif kebijakan makroprudensial kepada perbankan yang membiayai 46 sektor prioritas. Kami berikan insentif agar perbankan menumbuhkan pembiayaan bagi perekonomian kita," ujarnya. Dengan menggandeng OJK, BI melakukan koordinasi makro dan mikroprudensial sehingga perbankan terus menumbuhkembangkan kredit.

Hingga saat ini, kredit tercatat tumbuh lebih dari 9% dan kredit UMKM naik 16%. "Ini memberikan bukti bukan hanya kebijakan fiskal yang mendukung pertumbuhan, namun kebijakan makroprudensial dan pengawasan OJK dan KSSK bukan hanya stabilitas, tetapi memulihkan ekonomi," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Perry memastikan bahwa KSSK juga mendukung pertumbuhan dan pemulihan ekonomi, dengan menjaga imbal hasil investasi tetap positif bagi investor dalam dan luar negeri.


tolong berikan tanggapan terhadap teks di atas, terimakasiii​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dari teks di atas dapat diketahui bahwa Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa kebijakan moneter yang diterapkan saat ini diarahkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan stabilitas ekonomi. Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan bahwa bank sentral terus menjalankan bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi guna mendukung pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, BI juga bekerja sama dengan pemerintah dalam menjaga stabilitas harga dengan mengendalikan inflasi. Menurut Gubernur BI, inflasi yang terjaga ditopang oleh kebijakan subsidi dari pemerintah. Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa BI bersama Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) mendukung perekonomian melalui kebijakan makroprudensial yang akomodat.

BI telah melakukan serangkaian kebijakan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, salah satunya dengan memperkuat sistem keuangan melalui penguatan perbankan. Bank sentral juga telah bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mengkoordinasikan kebijakan makro dan mikroprudensial sehingga perbankan dapat terus menumbuhkan kredit. Selain itu, BI juga memberikan insentif kepada perbankan yang membiayai 46 sektor prioritas agar dapat menumbuhkan pembiayaan bagi perekonomian.

Kebijakan yang diambil oleh BI juga ditujukan untuk menjaga stabilitas harga dengan mengendalikan inflasi. Gubernur BI menyatakan bahwa inflasi di Indonesia masih relatif rendah dibandingkan negara lain meskipun berada di atas 4%. Inflasi yang terjaga ditopang oleh kebijakan subsidi dari pemerintah.

Selain itu, BI juga bekerja sama dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dalam mendukung perekonomian melalui kebijakan makroprudensial yang akomodatif dan progrowth. KSSK juga berperan dalam menjaga imbal hasil investasi tetap positif bagi investor dalam dan luar negeri.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh pangerannatanael202 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 26 Apr 23