sebutkan dan jelaskan 1 contoh produsen atau penjual yang ada

Berikut ini adalah pertanyaan dari zaharaara1609 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan dan jelaskan 1 contoh produsen atau penjual yang ada di pasar monopoli

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

perusahaan listrik.

Penjelasan:

Perusahaan listrik merupakan satu-satunya produsen atau penjual listrik di suatu wilayah tertentu, sehingga memiliki kekuatan pasar yang cukup besar untuk mempengaruhi harga listrik yang ditawarkan.

Perusahaan listrik dapat menentukan harga listrik sesuai dengan kebijakan perusahaan, tanpa terpengaruh oleh pesaing-pesaingnya. Hal ini karena perusahaan listrik merupakan satu-satunya produsen atau penjual listrik di wilayah tertentu, sehingga tidak ada pesaing yang dapat menawarkan harga yang lebih murah atau mengalahkan perusahaan listrik.

Selain itu, perusahaan listrik juga memiliki kekuatan untuk membatasi persediaan listrik yang tersedia di pasar, sehingga dapat mempengaruhi permintaan pasar terhadap listrik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menambah atau mengurangi jumlah tenaga listrik yang diproduksi, sehingga dapat mempengaruhi harga listrik di pasar.

Dengan demikian, perusahaan listrik merupakan contoh produsen atau penjual yang ada di pasar monopoli, karena memiliki kekuatan pasar yang cukup besar untuk mempengaruhi harga listrik yang ditawarkan, serta kekuatan untuk membatasi persediaan listrik yang tersedia di pasar.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rafliakbarbks dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 10 Mar 23