Zeganeh adalah seorang penggemar kopi, yang per cup kopi biasanya

Berikut ini adalah pertanyaan dari riosaputra363 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Zeganeh adalah seorang penggemar kopi, yang per cup kopi biasanya dibeli seharga Rp 25.000,- . Keputusan mengkonsumsi kopinya didasarkan dengan membandingkan antara manfaat yang diperoleh dengan biaya yang harus dikeluarkan. Dalam perspektif ekonomi yang telah dipelajari, Zeganeh mengenal konsep nilai kegunaan total yang diperoleh dari konsumsi suatu barang dan tambahan kegunaan setiap konsumsi satu unit barang ketika mereka akan mengkonsumsi suatu barang. Seandainya pola konsumsi kopi Zeganeh dalam seminggu ditunjukkan dalam tabel berikut. Harga Kopi per Cup (Rp) Jumlah Konsumsi Rp Yang Dikeluarkan Kegunaan Total Tambahan Kegunaan 25000 1 50000 50000 25000 2 75000 25000 3 75000 185000 25000 4 100000 225000 25000 5 250000 25000 25000 6 0 25000 7 175000 225000 25000 8 200000 100000 Pertanyaan : Mahasiswa/i diminta untuk menganalisis berapa banyak cup kopi yang seharusnya dapat dikonsumsi oleh Zeganeh selama satu minggu dengan mempertimbangkan perspektif nilai kegunaan total dan tambahan kegunaan. (Catatan. Mahasiswa/i dapat melengkapi isi kolom yang kosong terlebih dahulu​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Potensi pelanggaran etika yang dilakukan oleh PT ABC adalah:

  • PT ABC memiliki utang yang sangat besar dari PT XYZ meskipun sebenarnya PT ABC memiliki cukup dana untuk mendanai kegiatannya sendiri.
  • Penjualan sawit yang dilakukan kepada PT DEF dipermasalahkan karena harganya lebih rendah dari rata-rata harga pasar penjualan sawit hasil kebun PT ABC.
  • Terdapat beberapa transaksi yang dilakukan kepada perusahaan afiliasi, yaitu terkait dengan biaya konsultasi manajemen dan beberapa jasa sewa. DJP mempermasalahkan nilainya yang terlalu besar, dan untuk biaya konsultasi, DJP menyatakan tidak boleh dibebankan karena dilakukan oleh perusahaaan afiliasi. Ini merupakan pelanggaran etika karena PT ABC seharusnya tidak membebankan biaya yang terlalu besar kepada perusahaan afiliasi, terutama jika biaya tersebut tidak sesuai dengan nilai jasa yang diberikan.

b. Potensi pelanggaran etika yang dilakukan oleh MR. JIN adalah tidak diketahui karena tidak ada informasi mengenai MR. JIN dalam pertanyaan.

c. Tidak dapat memberikan penilaian apakah yang dilakukan pimpinan KPP yang baru tepat atau tidak karena tidak ada informasi mengenai tindakan yang dilakukan oleh pimpinan KPP yang baru.

d. Jika ternyata PT ABC memang banyak melakukan pelanggaran pajak atas kasus tersebut, sebagai konsultan, Amir seharusnya memberikan saran dan solusi yang tepat kepada PT ABC untuk memperbaiki pelanggaran pajak yang telah dilakukan. Amir juga harus mengingatkan PT ABC bahwa pelanggaran pajak dapat menyebabkan masalah hukum yang serius bagi perusahaan. Selain itu, Amir seharusnya mengingatkan PT ABC tentang pentingnya menghormati peraturan dan regulasi yang berlaku serta memastikan bahwa PT ABC tidak melakukan pelanggaran pajak di masa yang akan datang. Amir juga harus memberikan saran kepada PT ABC untuk memastikan bahwa semua transaksi yang dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip good corporate governance dan etika bisnis yang baik.

Pembahasan:

Etikamerujuk kepadaprinsip-prinsip moral dan nilai-nilai yang menjadi dasar bagi tingkah laku seseorang atau sekelompok orang. Pelanggaran etika adalah tindakan yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip moral dan nilai-nilai yang dianut oleh seseorang atau sekelompok orang. Pelanggaran etika dapat terjadi dalam berbagai situasi dan dapat meliputi berbagai tindakan, seperti kecurangan, korupsi, penyiksaan, diskriminasi, dan lain-lain.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi  ilmu ekonomi pada yomemimo.com/tugas/30287417

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 30 Mar 23