Jelaskanlah dengan menggunakan contoh bagaimana cara kerja kelangkaan dan pilihan

Berikut ini adalah pertanyaan dari ferryferri277 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskanlah dengan menggunakan contoh bagaimana cara kerja kelangkaan dan pilihan ekonomi!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kelangkaan dan pilihan ekonomi adalah konsep dasar dalam ilmu ekonomi. Kelangkaan merujuk pada keterbatasan sumber daya dan kemampuan manusia untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan mereka. Di sisi lain, pilihan ekonomi berkaitan dengan proses pengambilan keputusan mengenai cara menggunakan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.

Contoh sederhana untuk menjelaskan bagaimana kelangkaan dan pilihan ekonomi bekerja adalah ketika seseorang ingin membeli sepatu baru. Karena sumber daya yang dimiliki individu itu terbatas, mereka harus membuat pilihan tentang apa yang harus mereka beli dengan sumber daya yang ada.

Pilihan ekonomi yang dibuat dalam contoh ini tergantung pada preferensi individu. Mereka dapat memilih untuk membeli sepatu merek mahal yang berkualitas tinggi, tetapi biayanya lebih mahal dan mengorbankan pengeluaran pada kebutuhan lain, seperti makanan atau transportasi. Atau, mereka dapat memilih untuk membeli sepatu merek murah yang kurang berkualitas, tetapi biayanya lebih terjangkau dan memungkinkan mereka untuk mengalokasikan sumber daya pada kebutuhan atau keinginan lainnya.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Raiydn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 03 Aug 23