Dalam dunia nyata sesungguhnya praktik perdagangan internasional tidak sepenuhnya berdasarkan

Berikut ini adalah pertanyaan dari grasellacarolina pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dalam dunia nyata sesungguhnya praktik perdagangan internasional tidak sepenuhnya berdasarkan mekanisme pasar, artinya selain atur- an internasional, juga setiap negara yang terlibat dalam perdagangan internasional turut campur tangan mengatur kegiatan demi kepen- tingan negaranya masing-masingApakah hal ini dapat dikatakan se- bagai rintangan perdagangan internasional? Menurut Anda apa saja campur tangan tersebut?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban dan Penjelasan:

Campur tangan negara dalam perdagangan internasional dapat menjadi rintangan karena dapat mempengaruhi persaingan dan menghambat arus perdagangan. Beberapa bentuk campur tangan negara dalam perdagangan internasional antara lain:

1. Tarif dan bea masuk: Negara dapat memberlakukan tarif dan bea masuk pada barang-barang impor untuk melindungi industri dalam negeri dan meningkatkan pendapatan negara.

2. Kuota impor: Negara dapat membatasi jumlah barang impor dengan mengeluarkan kuota impor untuk melindungi industri dalam negeri dan mendorong produksi lokal.

3. Subsidi: Negara dapat memberikan subsidi kepada produsen dalam negeri untuk meningkatkan daya saingnya di pasar internasional.

4. Standar teknis dan persyaratan sanitasi: Negara dapat menetapkan standar teknis dan persyaratan sanitasi yang tinggi pada barang impor untuk melindungi konsumen dalam negeri dan mendorong produksi lokal.

5. Pembatasan investasi asing: Negara dapat membatasi investasi asing dalam industri tertentu untuk melindungi industri dalam negeri.

6. Dumping: Negara dapat menuduh negara lain melakukan dumping atau menjual barang dengan harga di bawah harga pasar untuk merusak industri dalam negeri.

Namun, tidak semua campur tangan negara dalam perdagangan internasional dianggap sebagai rintangan. Beberapa campur tangan seperti standar keselamatan dan lingkungan yang tinggi, dan perjanjian perdagangan internasional yang adil dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perdagangan yang lebih efisien.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh PawangHujan dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 14 Jul 23