Tentukan harga dan output keseimbangan

Berikut ini adalah pertanyaan dari erzabzabdan pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tentukan harga dan output keseimbangan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Dalam ilmu ekonomi, cara menghitung harga dan output keseimbangan dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu dengan menggunakan tabel, kurva, dan pendekatan matematis. Sebelum membahasa ketiga cara tersebut sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu harga keseimbangan.

Penjelasan:

harga keseimbangan atau ekuilibrium merupakan harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran

Penetapan harga dan kuantitas keseimbangan tersebut adalah hasil kesepakatan antara pembeli dan penjual. Kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan memiliki jumlah yang sama.

Pada umumnya bila keseimbangan tersebut sudah tercapai, titik keseimbangan akan bertahan lama kemudian dijadikan patokan dalam menentukan harga oleh pihak pembeli maupun pihak penjual.

Lantas, bagaimana cara menghitung harga dan output keseimbangan dengan tabel, kurva, dan secara matematis? Untuk menghitung harga dan jumlah keseimbangan, kamu perlu menyusun tabel yang berisi P (harga), Qd (jumlah yang diminta), dan Qs (jumlah yang ditawarkan). Dengan tabel tersebut kamu dapat mengetahui pada harga berapa Qd (jumlah yang diminta) sama dengan Qs (jumlah yang ditawarkan).

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh andriananova06 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 03 Mar 23