GAIS ADA YG BISA GA??TOLONGIN DONGG URGENT BANGET BUTUH JWBAN

Berikut ini adalah pertanyaan dari 2f4ygrywbq pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

GAIS ADA YG BISA GA??TOLONGIN DONGG URGENT BANGET BUTUH JWBAN SEKARANG PLS
GAIS ADA YG BISA GA??TOLONGIN DONGG URGENT BANGET BUTUH JWBAN SEKARANG PLS

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pernyataan di bawah ini benar atau salah beserta alasannya:

a. Inflasi merugikan peminjam dan membantu pemberi pinjaman, karena peminjam harus membayar tingkat bunga yang lebih tinggi.

Benar. Inflasi merupakan kenaikan harga-harga secara umum, sehingga akan menyebabkan nilai uang menjadi lebih rendah. Hal ini akan membuat peminjam harus membayar tingkat bunga yang lebih tinggi untuk memperhitungkan nilai uang yang lebih rendah, sehingga merugikan peminjam. Namun, pemberi pinjaman justru akan mendapat keuntungan dari inflasi, karena akan menerima bunga yang lebih tinggi dari peminjam.

b. Jika harga berubah sedemikian rupa sehingga tingkat harga keseluruhan tidak berubah, maka tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk.

Salah. Jika harga berubah sedemikian rupa sehingga tingkat harga keseluruhan tidak berubah, itu berarti adanya perubahan relatif antara harga-harga yang berbeda. Misalnya, jika harga roti naik tetapi harga susu turun, maka orang yang membeli roti dan susu akan lebih baik daripada sebelumnya, karena harga susu yang lebih rendah dapat mengimbangi kenaikan harga roti. Namun, orang yang hanya membeli roti saja akan lebih buruk daripada sebelumnya, karena harus membayar harga roti yang lebih tinggi.

c. Inflasi tidak menurunkan daya beli kebanyakan pekerja.

Salah. Inflasi akan menyebabkan nilai uang menjadi lebih rendah, sehingga akan membuat daya beli masyarakat menurun. Hal ini juga berlaku untuk kebanyakan pekerja, yang akan mengalami penurunan daya beli karena nilai gaji yang sama akan lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Flatrons dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 15 Mar 23