4. Manajemen dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dalam Kepemimpinan Untuk Mengefektifkan

Berikut ini adalah pertanyaan dari fitaernita pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4. Manajemen dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dalam Kepemimpinan Untuk Mengefektifkan Organisasi

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Manajemen dan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) sangat penting dalam kepemimpinan untuk mencapai efektivitas organisasi. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil oleh seorang pemimpin dalam memanajemen dan memperdayakan SDM:

Mengidentifikasi kebutuhan SDM: Seorang pemimpin perlu mengetahui kebutuhan organisasi dan menentukan keterampilan, pengetahuan, dan kualifikasi yang diperlukan oleh SDM untuk mencapai tujuan organisasi.

Rekrutmen dan seleksi SDM: Seorang pemimpin harus dapat melakukan rekrutmen dan seleksi SDM yang tepat, dengan mempertimbangkan kualifikasi, pengalaman, kemampuan, dan potensi mereka.

Pelatihan dan pengembangan SDM: Seorang pemimpin harus memberikan pelatihan dan pengembangan SDM secara terus-menerus agar mereka dapat memperbaiki kinerja dan meningkatkan keterampilan mereka dalam lingkungan kerja.

Evaluasi kinerja SDM: Seorang pemimpin harus melakukan evaluasi kinerja SDM secara teratur dan memberikan umpan balik konstruktif tentang kinerja mereka dan memberikan arahan untuk meningkatkan kinerja mereka.

Penghargaan dan insentif: Seorang pemimpin harus memberikan penghargaan dan insentif kepada SDM yang berkinerja baik sebagai bentuk pengakuan atas kinerja mereka dan untuk mendorong motivasi kerja yang lebih tinggi.

Membangun budaya kerja yang positif: Seorang pemimpin harus menciptakan lingkungan kerja yang positif, inklusif, dan berorientasi pada hasil untuk memotivasi dan menginspirasi SDM untuk berkinerja lebih baik.


Dalam melakukan manajemen dan pemberdayaan SDM, seorang pemimpin harus memperhatikan kepentingan organisasi dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi. Pemimpin yang efektif dapat memanajemen dan memperdayakan SDM secara efektif untuk mencapai tujuan organisasi yang lebih tinggi

Semoga membantu :) Jika paham, silahkan jadikan Jawaban Tercerdas yaa...
Yang mau Donasi: https://saweria.co/raihanswrite

- From Raihan's Write

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh RaihansWrite dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 01 Jun 23