Jelaskan peran masing-masing dalam menyelesaikan masalah Pembangunan Pertanian a. Petani

Berikut ini adalah pertanyaan dari mhdalwiglb pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan peran masing-masing dalam menyelesaikan masalah Pembangunan Pertanian a. Petani b. Dunia pendidikan (dosen/peneliti) c. Dunia Usaha d. Pemerintah (Dinas)​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Petani: Petani adalah pelaku utama dalam menyelesaikan masalah pembangunan pertanian, karena mereka yang langsung mengelola lahan pertanian dan mengimplementasikan teknologi dan praktik pertanian yang baik.

b. Dunia pendidikan (dosen/peneliti): Dunia pendidikan berperan dalam menyediakan pengetahuan dan teknologi terbaru melalui penelitian dan pengajaran untuk diterapkan oleh petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

c. Dunia Usaha: Dunia usaha memiliki peran dalam menyediakan alat-alat pertanian, bahan baku, dan jasa-jasa yang dibutuhkan petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Dunia usaha juga dapat membeli hasil pertanian yang dihasilkan petani sebagai pasar yang stabil bagi produk pertanian.

d. Pemerintah (Dinas): Pemerintah berperan dalam menyediakan dukungan kebijakan, fasilitas, dan dana untuk pembangunan pertanian, serta mengatur dan mengawasi implementasi teknologi dan praktik pertanian yang baik. Dinas pertanian berperan dalam mengkoordinasikan dan mengarahkan seluruh kegiatan pembangunan pertanian di wilayah yang dikuasai.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh saidghiyatss dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 19 Apr 23