Bagaimana Sistem penggunaan dan pencairan anggaran PPS ?

Berikut ini adalah pertanyaan dari muhammadarifin0502 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bagaimana Sistem penggunaan dan pencairan anggaran PPS ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sistem penggunaan dan pencairan anggaran PPS (Program Prioritas Sektor) merupakan sistem yang digunakan oleh pemerintah untuk mengelola dan mengeluarkan dana yang disediakan untuk program-program prioritas yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pengelolaan anggaran PPS terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

Penyusunan rancangan anggaran PPS: Rancangan anggaran PPS dibuat oleh pemerintah untuk menetapkan program-program prioritas yang akan dibiayai dan mengalokasikan dana yang tersedia untuk setiap program tersebut.

Persetujuan rancangan anggaran PPS: Setelah rancangan anggaran PPS disusun, maka rancangan tersebut harus disetujui oleh lembaga yang berwenang, seperti Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Pencairan dana PPS: Setelah rancangan anggaran PPS disetujui, maka dana yang tersedia akan dicairkan kepada instansi yang bertanggung jawab untuk mengelola program-program prioritas tersebut.

Pelaksanaan program PPS: Setelah dana PPS dicairkan, maka instansi yang bertanggung jawab akan mengelola dan melaksanakan program-program prioritas yang telah ditetapkan.

Evaluasi program PPS: Setelah program-program prioritas selesai dilaksanakan, maka instansi yang bertanggung jawab akan melakukan evaluasi terhadap program tersebut untuk mengevaluasi keberhasilan program dan memperbaiki program di masa yang akan datang.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Agniprianoto dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 07 Apr 23