mengapa perusahaan sewa guna termasuk lembaga keuangan non bank dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari yisma488 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

mengapa perusahaan sewa guna termasuk lembaga keuangan non bank dan apa saja kelemahan perusahaan sewa guna​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Perusahaan sewa guna adalah lembaga keuangan non bank karena mereka bergerak di sektor keuangan dengan memberikan jasa penyewaan aset produktif kepada pelanggan. Aset yang disewakan tersebut meliputi peralatan, kendaraan, mesin, dan barang-barang modal lainnya. Perusahaan sewa guna memperoleh keuntungan dari pembayaran sewa yang dilakukan oleh pelanggan.

Beberapa kelemahan dari perusahaan sewa guna antara lain:

  • Ketergantungan pada pelanggan tertentu: Perusahaan sewa guna sangat bergantung pada pelanggan tertentu yang memesan aset sewaan. Jika pelanggan tersebut mengalami kesulitan keuangan atau memutuskan untuk tidak menggunakan jasa sewa guna lagi, maka perusahaan akan mengalami penurunan pendapatan.

  • Risiko kredit: Perusahaan sewa guna menghadapi risiko kredit seperti lembaga keuangan lainnya. Jika pelanggan tidak dapat membayar sewa tepat waktu atau bahkan mengalami kebangkrutan, maka perusahaan akan mengalami kerugian.

  • Persaingan: Persaingan di industri sewa guna cukup ketat, sehingga perusahaan harus mampu bersaing dengan perusahaan sewa guna lainnya. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan harga sewa yang berdampak pada pendapatan perusahaan.

  • Pemeliharaan aset: Perusahaan sewa guna bertanggung jawab untuk memelihara aset yang disewakan agar tetap dalam kondisi baik. Jika perusahaan gagal melakukan pemeliharaan dengan baik, maka hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada aset dan berdampak pada kualitas layanan yang diberikan.

Hallo kaka mau di bantu jawabnya bisa menghubungi no kami +62 821-2652-6626

  • Risiko perubahan nilai pasar: Perusahaan sewa guna juga menghadapi risiko perubahan nilai pasar aset yang disewakan. Jika nilai pasar aset mengalami penurunan, maka perusahaan akan mengalami penurunan nilai aset dan mengurangi potensi keuntungan di masa depan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh pecintasolawatnabi10 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 30 May 23