Pranata mangsa sajroning kaw- ruh sing diugemi para ....

Berikut ini adalah pertanyaan dari nahdiyas pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pranata mangsa sajroning kaw-ruh sing diugemi para .... A.sopir
B.guru
C.murid
D.among tani

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pranata mangsa (dibaca : Pranoto Mongso) adalah semacam penanggalan yang berkaitan dengan musim menurut pemahaman suku Jawa, khususnya dari kalangan petani dan nelayan. Pemahaman seperti ini juga dikenal oleh suku-suku lainnya di Indonesia, seperti suku Sunda dan suku Bali (dikenal sebagai Kerta Masa), atau di beberapa tradisi Eropa, misalnya pada bangsa Jerman dikenal sebagai Bauern kalendar (penanggalan untuk petani).

Pranata mangsa adalah aturan waktu musim, yang berdasar pada solar kalender. Mungkin kalender Pranata Mangsa ini termasuk dari 40 sistem kalender yang oleh sebuah studi tahun 1987 digunakan di dunia dan dikenal dalam pergaulan internasional dan lebih spesifikasiknya hanya dikategorikan ke dalam tiga mazhab besar, yaitu sistem kalender masehi/syamsiah (solar calendar), kalender qomariah (lunar calendar), dan lunisolar, sehingga dengan kata lain kalender Pranata Mangsa mengacu pada sistem kalender yang perhitungannya berdasarkan pada perjalanan bumi saat melakukan revolusi mengorbit matahari.

Kalender Pranata Mangsa juga mengenal tahun kabisat dan basithah yang dikenal dengan wastu dan wuntu. Hal itu dilakukan sama persis dengan sistem kalender syamsiah agar tetap sinkron dengan tahun tropis (musim). Untuk menjaga sinkronisasi inilah, jumlah harinya disisipi dalam bentuk tahun kabisat (leap year) sebagai tambahan pada jumlah hari rata-rata kalender tersebut.

Daur kalender baku Pranata Mangsa

No.

Hamaning Mangsa

Waktu Mangsa

Umur Wastu

Wuntu

Penjelasan:

maaf panjang banget + salah jawaban nya

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mandawenda70 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 30 Jan 23