Dari uraian di atas ada beberapa poin pertanyaan untuk memilih

Berikut ini adalah pertanyaan dari maweifebruary1711 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dari uraian di atas ada beberapa poin pertanyaan untuk memilih pendekatan penelitian. Tentukan objekpenelitian social yang terjadi di sekitar kita. Dan tentukan pendekatan penelitian apa yang saudara
gunakan serta berikan alasan mengapa menggunakan pendekatan penelitian tersebut.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Objek penelitian social yang terjadi di sekitar kita dapat berupa fenomena perilaku konsumen dalam  membeli  produk.  Misalnya,  bagaimana  perilaku  konsumen  dalam  membeli  produk sepatu  online  dan  offline.  Objek  penelitian  social  yang  terjadi  di  sekitar  kita  dapat  berupa fenomena perilaku konsumen dalam membeli produk. Misalnya, bagaimana perilaku konsumen dalam membeli produk sepatu online dan offline. eneliti memilih metode penelitian kualitatif dengan beberapa alasan sebagai berikut:

a) ingin   memahami   (to   undertand)   suatu   tindakan   atau   peristiwa   dari   sudut   pandang pelakunya (bukan dari sudut pandang peneliti sebagaimana penelitian kuantitatif).

b) Berpegang pada  pandangan  bahwa  realitas  sosial  itu  bersifat  maknawi, tak  terlepas  dari sudut pandangan, frame, definisi, dan  atau makna yang terdapat pada diri manusia  yang memandangnya.

c) Bertitik   tolak   dari   pemikiran   bahwa   yang   tampak   bukan   realitas   yang   sebenarnya, melainkan hanya pantulan dari sesuatu yang tersembunyi.

d) Berpandangan   bahwa   manusia   adalah   makhluk   kreatif   yang   punya   ide   yang   dapat bertindak untuk membuat peristiwa sosial

e) Berpedoman bahwa  realitas itu terbentuk secara interaktif dan menjadi bermakna secara subjektif.

f) Menggunakan   masyarakat   sebagai   laboratorium   kehidupan   nyata   subjek   yang berlangsung dalam kegiatan sehari-hari.

g) Mementingkan  kedalaman  pemahaman  daripada  keluasan  cakupan/wilayah  penelitian, sehingga   untuk   memahaminya   diperlukan   interaksi   dengan   subjek   secara   intensif melalui teknik wawancara dan observasi langsung.

Pembahasan:

Dalam sosiologi, terdapat berbagai penelitian dalam bidang sosiologi itu sendiri. Setidaknya ada dua metode penelitian atau kajian, yaitu metode kualitatif dan metode kuantitatif.

• Metode kualitatif:

Metode kualitatif merupakan metode penelitian atau kajian sosiologi yang menitikberatkan mengenai jabaran dari data yang diperoleh. Metode ini cenderung melibatkan jenis data keadaan. Penelitian ini biasa dilakukan jika hasil penelitiannya tidak bisa diukur atau dinyatakan dengan angka. Bentuk data kualitatif biasanya berupa kondisi kehidupan masyarakat, riwayat, pendapat, perilaku, maupun hubungan timbal balik yang ditimbulkan.

• Metode kuantitatif

Metode kuantitatif merupakan metode penelitian atau kajian sosiologi yang analisisnya diperoleh dari angka - angka yang diperoleh. Penelitian kuantitatif ini biasanya menggunakan metode survei maupun eksperimen. Hal tersebut terukur dalam bentuk skala, indeks, tabel, atau formula yang lebih ke statistika.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang contoh variabel penelitian pada yomemimo.com/tugas/47167038

2. Materi tentang variabel bebas pada yomemimo.com/tugas/46379414

3. Materi tentang variabel terikat pada yomemimo.com/tugas/20981476

Detail jawaban

Bab: Bab 3 - Metode Penelitian Sosial

Kelas: SMA - 12

Mapel: Sosiologi

Kode: 12.20.3

#AyoBelajar #SPJ5

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 24 Jul 23