Jelaskan hubungan analisis swot dan pengambilan keputusan . dan menurut

Berikut ini adalah pertanyaan dari Aidilndok pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan hubungan analisis swot dan pengambilan keputusan . dan menurut anda mengapa para manajer sering mempergunakan analisis swot dalam mendukung pengambilan keputusan mereka? berikan penjelasann beserta contohnya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Apa Itu Analisis SWOT?

Untuk menjalankan bisnis yang sukses, Anda harus secara teratur menganalisis proses Anda untuk memastikan Anda beroperasi seefisien mungkin. Ada banyak cara untuk menilai perusahaan Anda, salah satu metode yang paling efektif adalah dengan melakukan analisis SWOT.

Analisis SWOT terdiri dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman) yang merupakan proses perencanaan yang membantu perusahaan Anda mengatasi tantangan dan menentukan apa yang harus dituju secara keseluruhan.

Tujuan utama dari analisis SWOT adalah untuk membantu organisasi mengembangkan kesadaran penuh dari semua faktor yang terlibat dalam pengambilan keputusan bisnis.

Sejarah

Metode ini dibuat pada 1960-an oleh Albert Humphrey dari Stanford Research Institute, selama penelitian yang dilakukan untuk mengidentifikasi mengapa perencanaan perusahaan gagal secara konsisten. Sejak dibuat, SWOT telah menjadi salah satu alat paling berguna bagi pemilik bisnis untuk memulai dan menumbuhkan perusahaan mereka.

Anda harus ingat, tidak mungkin memetakan masa depan bisnis kecil secara akurat tanpa terlebih dahulu mengevaluasinya dari berbagai sudut yang mencakup pandangan menyeluruh pada semua sumber daya dan ancaman internal dan eksternal, SWOT menyelesaikan ini dalam empat langkah yang bahkan pemilik bisnis pemula dapat mengerti dengan cepat.

Mengenal Proses Analisis SWOT

Kita tahu bahwa SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats – tetapi apa artinya masing-masing elemen ini? Mari kita lihat setiap elemen satu per satu.

Kekuatan (strength)

Elemen pertama dari analisis SWOT adalah Kekuatan. Mungkin Anda telah menebaknya, elemen ini membahas hal-hal yang dilakukan perusahaan atau proyek Anda dengan sangat baik. Ini bisa berupa sesuatu yang tidak berwujud, seperti atribut merek perusahaan Anda, atau sesuatu yang lebih mudah didefinisikan seperti proposisi penjualan unik dari lini produk tertentu.

Bisa juga dengan orang-orang Anda, sumber daya manusia literal Anda: kepemimpinan yang kuat, atau tim teknik yang hebat.

Kelemahan (weakness)

Setelah Anda mengetahui kekuatan Anda, saatnya untuk mengubah kesadaran diri kritis itu pada kelemahan Anda. Apa yang menjadi penghambat bisnis atau proyek Anda? Elemen ini dapat mencakup tantangan organisasi seperti kekurangan orang yang terampil dan keterbatasan keuangan atau anggaran.

Elemen analisis SWOT ini juga dapat mencakup kelemahan dalam kaitannya dengan perusahaan lain di industri Anda, seperti kurangnya USP yang didefinisikan dengan jelas di pasar yang ramai.

Peluang (opportunities)

Selanjutnya adalah Peluang. Tidak dapat mengimbangi volume penjualan yang dihasilkan oleh tim pemasaran Anda? Itu adalah peluang. Apakah perusahaan Anda mengembangkan ide baru yang inovatif yang akan membuka pasar baru atau demografi? Itu peluang lain.

Sederhananya, elemen ini mencakup segala yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan, tumbuh sebagai perusahaan, atau memajukan misi organisasi Anda.

Ancaman (threats)

Elemen terakhir adalah Ancaman – segala sesuatu yang berisiko bagi perusahaan Anda sendiri atau kemungkinan keberhasilan atau pertumbuhannya.

Ini dapat mencakup hal-hal seperti pesaing yang baru muncul, perubahan dalam undang-undang pengaturan, risiko keuangan, dan hampir semua hal lain yang berpotensi membahayakan masa depan perusahaan atau proyek Anda.

Sumber : Tugas Kakak Pertamaku Waktu SMA

《 Semoga Membantu 》

< Maaf Kalau Salah >

° Jadikan Jawaban Tercerdas °

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh CalyaIra2009 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 13 Apr 22