Sejak pandemi covid 19 semua negara mengalami dampaknya. Menteri Keuangan

Berikut ini adalah pertanyaan dari geniaa2831 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sejak pandemi covid 19 semua negara mengalami dampaknya. Menteri Keuangan (MenKeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pandemi covid 19 menimbulkan tiga masalah terhadap perekonomian di dalam negeri. Masalah tersebut adalah masalah sosial terutama usaha kecil dan menengah, masalah ketidakpastian yang menyebabkan investasi ikut melemah atau turun, dan dampak melemahnya perekonomian dunia sehingga ekspor juga turun.Pak Andrian di berhentikan dari pekerjaannya karena perusahannya mengalami kemunduran akibat covid 19. Dia ingin memulai usaha (bisnis).

Buatlah analisis dari permasalahan tersebut dengan menguraikan langkah-langkah yang akan dilakukan Pak Andrian pada masa pandemi berdasarkan masalah ekonomi modern (What, How, For whom)!

​.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Covid-19 berdampak pada seluruh elemen, termasuk kepada pegawai perusahaan yang banyak di-PHK. Sehingga ini merugikan masyarakat dan langkah - langkah yang harus dilakukan agar mengatasi masalah ini yaitu Pemerintah membuat lapangan pekerjaan dengan menggelontorkan dana untuk pembangunan dan pergerakan ekonomi kreatif.

Pembahasan:

Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga berdampak pada situasi ekonomi, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah kasus positif  COVID-19 di Indonesia mencapai 6.575 pada 19 April 2020. Pandemi tersebut mendorong beberapa pemerintah daerah untuk menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berdampak pada pembatasan aktivitas masyarakat, baik ekonomi,  pendidikan, maupun aktivitas sosial lainnya.

Menurunnya kegiatan-kegiatan tersebut berdampak pada situasi sosial ekonomi masyarakat, terutama masyarakat rentan dan miskin. Oleh karena itu, pemerintah telah mencanangkan berbagai kebijakan baik di tingkat pusat maupun daerah untuk memerangi penyebaran COVID-19 dan kebijakan untuk memitigasi dampak sosial dan ekonomi dari pandemi ini. Namun, penerapan berbagai strategi ini harus dipantau dan dievaluasi untuk menentukan efektivitasnya.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang kenampakan buatan dapat disimak pada link yomemimo.com/tugas/2568440

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 06 Nov 22