contoh kasus constant marginal product increasing marginal product decreasing marginal

Berikut ini adalah pertanyaan dari indoindopride6 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

contoh kasus constant marginal product increasing marginal product decreasing marginal produk pada usaha peternakan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Contoh sederhana dari produk marginal yaitu, disaat tenaga kerja 2 orang mampu menghasilkan 5 unit pot keramik, setelah menambah 1 orang lagi karyawan maka pot keramik yang dihasilkan sebanyak 8, jadi 3 unit pot keramik merupakan produk marginal, karena semula dengan 2 orang karyawan mampu menghasilkan 5 unit pot keramik, setelah menambah 1 karyawan maka dapat menghasilkan 8 unit pot keramik.

Pembahasan:

Produk marginal adalah produk yang dihasilkan karena bertambahnya 1 unit masukan, misalnya tenaga kerja. Jadi dengan bertambahnya pekerja maka produk yang dihasilkan juga meningkat.

  • Produk total (total product) adalah jumlah keluaran (output) yang dihasilkan selama periode waktu tertentu.
  • Produk marjinal (marginal product) adalah pertambahan output yang dihasilkan dari pertambahan satu unit faktor produksi variabel.
  • Produk rata-rata (average product) adalah hasil bagi produk total dengan jumlah faktor produksi variabel yang digunakan untuk memproduksi.

Rumus untuk menghitung produk rata-rata (average product), yaitu:

AP = TP/L

ket :

AP = Produk rata-rata (average product)

TP = Produk total (total product)

L = Tenaga kerja (Labor)

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang produk marginal selalu menurun, produk rata-rata akan selalu di atas produk marginal yomemimo.com/tugas/8476580

#BelajarBersamaBrainly#SPJ9

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mohhan86 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 12 Feb 23