Jika seseorang memiliki utang kepada Anda, dan ia tidak sanggup

Berikut ini adalah pertanyaan dari Upsssss02 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jika seseorang memiliki utang kepada Anda, dan ia tidak sanggup membayar utangnya kepada Anda, dapatkah Anda melaporkan dia ke penegak hukum dengan alasan bahwa dia telah melakukan tindak pidana? Kaitkan jawaban Anda dari sisi private law (hukum perdata) dan public law (hukum publik)!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

waban:

Private Law (Hukum Perdata)

Jawaban singkatnya adalah tidak, Anda tidak bisa melaporkan seseorang yang berutang kepada Anda ke penegak hukum dengan alasan bahwa dia tidak dapat membayar utangnya. Di dalam hukum perdata, perjanjian atau kesepakatan antara dua belah pihak harus dihormati, dan jika salah satu pihak tidak memenuhi kewajibannya, maka pihak lain dapat mengajukan gugatan ke pengadilan sipil untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pengadilan akan mempertimbangkan bukti dan argumen yang disajikan oleh kedua belah pihak dan membuat putusan yang adil berdasarkan hukum.

Namun, sebelum mengajukan gugatan, sebaiknya Anda mencoba untuk menyelesaikan masalah secara damai dengan cara bernegosiasi atau mediasi. Jika hal tersebut tidak berhasil, barulah Anda dapat mengajukan gugatan ke pengadilan untuk menyelesaikan sengketa.

Public Law (Hukum Publik)

Di dalam hukum publik, tidak ada kaitannya dengan masalah utang-piutang antara dua pihak swasta. Penegakan hukum publik berkaitan dengan pelanggaran terhadap aturan hukum yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga yang berwenang. Oleh karena itu, dalam hal ini, melaporkan seseorang yang berutang kepada Anda ke penegak hukum dengan alasan bahwa dia tidak dapat membayar utangnya tidak memiliki dasar hukum yang kuat dan tidak akan diterima oleh pihak berwenang.

Namun, jika dalam proses pengembalian utang terdapat tindakan atau kegiatan yang melanggar hukum publik seperti penipuan, penggelapan, atau tindak pidana korupsi, Anda dapat melaporkannya ke pihak berwenang dan meminta tindakan yang sesuai diambil terhadap pelanggar tersebut.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh MRikyy dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 21 Jun 23