Jelaskan pengertian empat pasar makro dibawah ini. 1.pasar barang dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari novi85819 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan pengertian empat pasar makro dibawah ini.1.pasar barang dan jasa
2.pasar uang
3.pasar tenaga kerja
4.pasar luar negeri

Tolong kak dibantu

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:
Pasar barang dan jasa:
pasar yang terdiri dari seluruh transaksi yang berkaitan dengan pembelian dan penjualan barang dan jasa antara konsumen, produsen, dan pemerintah. Pasar ini menentukan tingkat permintaan dan penawaran agregat, serta tingkat harga dan output agregat dalam perekonomian.

Pasar uang: pasar yang terdiri dari seluruh transaksi yang berkaitan dengan permintaan dan penawaran uang, baik uang kartal maupun uang giral. Pasar ini menentukan tingkat bunga nominal dan riil, serta jumlah uang beredar dalam perekonomian.

Pasar tenaga kerja: pasar yang terdiri dari seluruh transaksi yang berkaitan dengan permintaan dan penawaran tenaga kerja antara perusahaan dan pekerja. Pasar ini menentukan tingkat upah, tingkat pengangguran, dan tingkat kesempatan kerja dalam perekonomian.

Pasar luar negeri: pasar yang terdiri dari seluruh transaksi yang berkaitan dengan perdagangan internasional, baik ekspor maupun impor barang dan jasa, serta aliran modal dan devisa antara negara-negara. Pasar ini menentukan neraca pembayaran, nilai tukar mata uang, dan tingkat keterbukaan perekonomian.

Penjelasan:

Jadi kesimpulannya, pasar barang dan jasa, pasar uang, pasar tenaga kerja, sama pasar luar negeri, keempatnya tuh pasar-pasar penting banget buat ekonomi kita. Pasar barang dan jasa menentukan harga dan produksi di ekonomi kita, sementara pasar uang menentukan bunga dan jumlah uang yang beredar. Pasar tenaga kerja ngatur gaji, pengangguran, dan kesempatan kerja, dan pasar luar negeri ngatur neraca pembayaran, nilai tukar, dan seberapa terbukanya ekonomi kita. Jadi, kalo kita ngerti dinamika pasar-pasar ini, kita bisa ngerti gimana ekonomi kita jalan secara keseluruhan.

(っ◔◡◔)っ ♥ Semoga Membantu ♥

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh unknown dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 29 Jun 23