jelaskan cara penerapan kebijakan moneter oleh bank sentral atau BI

Berikut ini adalah pertanyaan dari anawtp0 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

jelaskan cara penerapan kebijakan moneter oleh bank sentral atau BI Indonesia kalau terjadi inflasi dan deflasi ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Bank Sentral atau Bank Indonesia (BI) menggunakan beberapa instrumen kebijakan moneter untuk mengendalikan inflasi dan deflasi. Berikut adalah beberapa cara penerapannya:

Penjelasan:

Suku Bunga: BI dapat menaikkan atau menurunkan suku bunga acuan sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi atau deflasi. Penaikan suku bunga acuan dapat mengurangi permintaan dan mengurangi tekanan inflasi, sementara penurunan suku bunga acuan dapat meningkatkan permintaan dan mengurangi tekanan deflasi.

Operasi Pasar Terbuka: BI dapat menjual atau membeli surat berharga pemerintah dalam jumlah besar di pasar uang untuk mengendalikan jumlah uang beredar dan mengendalikan tingkat suku bunga. Penjualan surat berharga dapat mengurangi jumlah uang beredar dan menaikkan suku bunga, sementara pembelian surat berharga dapat meningkatkan jumlah uang beredar dan menurunkan suku bunga.

Kebijakan Kredit: BI dapat mengendalikan jumlah kredit yang diberikan oleh bank-bank dengan mengubah persyaratan cadangan wajib dan mengubah tingkat bunga yang dikenakan pada kredit bank.

Pembatasan Impor: BI dapat membatasi impor barang-barang yang dianggap menyebabkan inflasi, misalnya dengan menaikkan tarif atau menetapkan kuota impor.

Pengendalian Harga: BI dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam mengendalikan harga barang dan jasa yang dianggap menyebabkan inflasi.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh riyananto39pctfo6 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 18 Apr 23