Buatlah tulisan mengenai sumber-sumber pendapatan negara Indonesia saat ini berdasar

Berikut ini adalah pertanyaan dari msubekhi128 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Buatlah tulisan mengenai sumber-sumber pendapatan negara Indonesia saat ini berdasar pada data APBN. Tulisan tersebut merupakan tulisan anda sendiri, dengan melihat data pokok APBN terkini yang diterbitkan oleh Kementrian Keuangan. (Dapat disertakan juga dengan data pendapatan negara beserta nominalnya) Buatlah tulisan mengenai jenis-jenis belanja negara Indonesia saat ini berdasar pada data APBN. Anda dapat merinci belanja negara tersebut berdasar pada 3 klasifikasi yaitu :1) Klasifikasi fungsi, 2) Klasifikasi Jenis Belanja, 3) Klasifikasi Organisasi.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Sumber-sumber pendapatan negara Indonesia berasal dari beberapa sumber, antara lain pajak, bea dan cukai, pendapatan negara bukan pajak, serta hibah dan sumbangan. Berdasarkan data APBN terkini yang diterbitkan oleh Kementerian Keuangan, total pendapatan negara pada 2021 diperkirakan sebesar Rp 1.823,2 triliun. Pendapatan pajak masih menjadi sumber utama, diperkirakan mencapai Rp 1.416,1 triliun atau sekitar 77,7% dari total pendapatan negara. Sementara itu, pendapatan negara bukan pajak diperkirakan mencapai Rp 126,3 triliun atau sekitar 6,9% dari total pendapatan negara.

Jenis-jenis belanja negara Indonesia saat ini dapat dilihat dari tiga klasifikasi, yaitu klasifikasi fungsi, jenis belanja, dan organisasi. Berdasarkan klasifikasi fungsi, belanja negara terbagi menjadi beberapa sektor, seperti belanja kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan pertahanan dan keamanan. Pada 2021, belanja negara terbesar diperuntukkan bagi sektor infrastruktur dengan anggaran sebesar Rp 422,2 triliun atau sekitar 24,7% dari total belanja negara.

Berdasarkan klasifikasi jenis belanja, belanja negara terdiri dari belanja pemerintah pusat, belanja transfer ke daerah dan belanja transfer ke desa/kelurahan. Belanja pemerintah pusat meliputi belanja pegawai, belanja barang, belanja modal, serta belanja subsidi dan bantuan sosial. Pada 2021, belanja pegawai menjadi pos belanja terbesar dengan anggaran sebesar Rp 506,9 triliun atau sekitar 29,7% dari total belanja negara.

Berdasarkan klasifikasi organisasi, belanja negara terbagi menjadi beberapa kementerian/lembaga dan unit lainnya. Pada 2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi kementerian dengan anggaran terbesar sebesar Rp 546,7 triliun, diikuti oleh Kementerian Kesehatan dengan anggaran sebesar Rp 140,2 triliun dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan anggaran sebesar Rp 97,5 triliun.

Dalam keseluruhan belanja negara, terdapat juga pos belanja untuk penanganan pandemi COVID-19 dengan anggaran sekitar Rp 688,3 triliun. Pemerintah berusaha untuk memprioritaskan penggunaan anggaran ini untuk kepentingan penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi akibat pandemi.

Secara keseluruhan, pendapatan dan belanja negara Indonesia sangat bergantung pada pajak sebagai sumber utama pendapatan, serta belanja infrastruktur dan pegawai sebagai pos belanja terbesar. Namun, belanja untuk penanganan pandemi COVID-19 juga menjadi prioritas dalam APBN tahun ini.

Penjelasan:

SEKIAN JAWABANKU MAAF KALAU SALAH DAN KALAU BENAR KASIH JAWABAN TERBAIK:)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh deltax34 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 30 Jul 23