Pada harga barang 300 rupiah jumlah barang yang di minta

Berikut ini adalah pertanyaan dari lusiajaha pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pada harga barang 300 rupiah jumlah barang yang di minta 100 buah, sedangkan jumlah barang yang di tawarkan sebanyak 300 buah ,Apa bila harga naik menjadi 500 rupiah maka jumlah barang yang di minta turun menjadi 80 buah dan penawaran naik menjadi 500 buah.Tentukan harga dan jumlah keseimbangan?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban: Harga keseimbangan dari barang tersebut adalah Rp 300 dan Rp 500, serta jumlah keseimbangan dari barang tersebut adalah 100 buah dan 80 buah.

Penjelasan:

Untuk menentukan harga dan jumlah keseimbangan, kita dapat menggunakan hubungan antara harga dan jumlah yang diperminta (demand) dan jumlah yang ditawarkan (supply).

Diketahui bahwa pada harga Rp 300, jumlah barang yang diminta adalah 100 buah dan jumlah barang yang ditawarkan adalah 300 buah. Karena jumlah yang ditawarkan lebih besar dari jumlah yang diminta, maka harga Rp 300 merupakan harga keseimbangan. Jumlah keseimbangan adalah 100 buah.

Ketika harga naik menjadi Rp 500, jumlah barang yang diminta turun menjadi 80 buah dan jumlah barang yang ditawarkan naik menjadi 500 buah. Karena jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan, maka harga Rp 500 juga merupakan harga keseimbangan. Jumlah keseimbangan adalah 80 buah.

Jadi harga keseimbangan dari barang tersebut adalah Rp 300 dan Rp 500, serta jumlah keseimbangan dari barang tersebut adalah 100 buah dan 80 buah.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh SulthanArk dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 25 Apr 23