Kenapa asumsi yang menyatakan bahwa suatu variabel terhadap variabel lain

Berikut ini adalah pertanyaan dari b300200368 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kenapa asumsi yang menyatakan bahwa suatu variabel terhadap variabel lain terjadi di waktu yang sama sering dianggap lemah?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Asumsi bahwa suatu variabel terhadap variabel lain terjadi di waktu yang sama sering dianggap lemah karena hubungan antar variabel tidak selalu terjadi di waktu yang sama.

Penjelasan:

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hubungan antar variabel, seperti waktu, lingkungan, dan faktor lainnya. Oleh karena itu, asumsi bahwa suatu variabel terhadap variabel lain terjadi di waktu yang sama sering dianggap tidak realistis dan dapat menyebabkan kesalahan dalam analisis data.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat kejahatan di suatu kota dengan tingkat pengangguran, Anda mungkin akan menganggap bahwa kedua variabel tersebut terjadi di waktu yang sama. Namun, jika tingkat pengangguran di suatu kota meningkat sebelum tingkat kejahatan di kota tersebut meningkat, maka asumsi bahwa kedua variabel terjadi di waktu yang sama tidak akan valid. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hubungan antar variabel sebelum menyimpulkan apakah hubungan tersebut terjadi di waktu yang sama atau tidak.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dzakifahrizalgunawan dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 21 Mar 23