jelaskan tentang Perjuangan Syarif Hidayatullah*Ayolah Bantu Jawab Jan Asal asalan​

Berikut ini adalah pertanyaan dari sinzzzzz pada mata pelajaran IPS untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan tentang Perjuangan Syarif Hidayatullah

*Ayolah Bantu Jawab Jan Asal asalan​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati adalah seorang ulama dan penyebar agama Islam di wilayah Banten, Jawa Barat. Ia lahir di Pasai, Aceh, dan kemudian diminta oleh Sunan Ampel untuk berdakwah dan menyebarkan Islam di daerah Cirebon. Di sana, ia menjadi guru agama menggantikan Syekh Datuk Kahfi di Gunung Sembung. Setelah banyak masyarakat Cirebon masuk Islam, Syarif Hidayatullah melanjutkan dakwahnya ke daerah Banten. Ia mendirikan sebuah pondok pesantren dan mengajarkan Islam kepada penduduk sekitar. Oleh para santrinya, Syarif Hidayatullah dipanggil dengan julukan Maulana Jati atau Syekh Jati. Selain itu, karena ia berdakwah di daerah pegunungan, ia digelari sebagai Sunan Gunung Jati. Pada masa awal kedatangannya ke Cirebon, Syarif Hidayatullah bersama dengan Pangeran Walangsungsang sempat melakukan syiar Islam di wilayah Banten yang pada masa itu disebut sebagai Wahanten. Syarif Hidayatullah juga turut berjuang melawan penjajah dan berperan dalam berdirinya Kesultanan Banten.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh deas57460 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 13 Aug 23