4. Bu Maya merupakan seorang guru yang diberikan kepercayaan untuk

Berikut ini adalah pertanyaan dari mohamadprayitno414 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4. Bu Maya merupakan seorang guru yang diberikan kepercayaan untuk mengelola dana BOS. Dalamproses pendanaan kegiatan sekolah, ternyata ada beberapa pos yang pengeluarannya berada di bawah
perencanaan, sehingga terdapat kelebihan dana. Kebetulan mobil yang dimiliki Bu Maya mengalami
kerusakan dan perlu untuk diperbaiki. Biaya perbaikan mobil cukup besar namun kelebihan dana BOS
tadi dapat menutupinya.
Berikan analisis Anda terhadap kompetensi kepribadian Bu Maya tersebut. Rekomendasi apa yang akan
Anda berikan kepada Bu Maya?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Bu maya sebagai seorang guru yang telah diberikan amanah untuk mengelola dana BOS harus bisa menjaga amanah tersebut. Dalam hal ini, Bu Maya tidak boleh menggunakan dana BOS itu selain untuk keperluan operasional sekolah walaupun dana BOS tersebut jumlah nya lebih dari yang dibutuhkan.

Pembahasan

Amanah dapat diartikan sebagai sikap bertanggung jawab. Jika seseorang bertanggung jawab terhadap tugas- tugasnya, ia dipandang sebagai sosok amanah. Demikian juga sebaliknya, jika ia mengkhianati amanahnya, ia dipandang sebagai sosok yang tak bisa dipercaya.

Amanah merupakan kata dari bahasa Arab yang diserap bahasa Indonesia. Asal kata amanah dalam Alquran bermakna menepati janji dan pertanggungjawaban. Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI), amanah adalah sifat seseorang yang bisa dipercaya atau sesuatu yang dipercayakan (dititipkan)kepada orang lain. Amanah juga adalah salah satu sifat yang dimiliki Rasulullah SAW.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang sifat amanah yomemimo.com/tugas/4620445

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hatemonday dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 16 Jan 23