Sebutkan lembaga2 kerja sama ekonomi internasional berikan contohnya dan negaranya?

Berikut ini adalah pertanyaan dari nattadiya pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebutkan lembaga2 kerja sama ekonomi internasional berikan contohnya dan negaranya? ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO): merupakan lembaga kerjasama internasional dalam bidang perdagangan global, terdiri dari 164 negara anggota. WTO bertujuan untuk mempromosikan perdagangan bebas dan menghilangkan hambatan perdagangan antara negara anggota. (Afrika Selatan dan Amerika)

Bank Dunia (World Bank): merupakan lembaga keuangan internasional yang memberikan bantuan teknis dan keuangan kepada negara-negara berkembang. Terdapat 189 negara anggota yang menjadi bagian dari Bank Dunia. ( kanada, Irlandia, dan Jamaika)

Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF): merupakan lembaga keuangan internasional yang membantu negara-negara anggotanya dalam mengatasi masalah ekonomi dan keuangan. IMF memiliki 190 negara anggota. ( Belgia, Bolivia, Cina)

Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD): merupakan lembaga kerjasama ekonomi internasional yang terdiri dari 38 negara anggota, dengan tujuan untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan sosial. ( Australia, Ceko, Estonia)

ASEAN Free Trade Area (AFTA): merupakan lembaga kerjasama ekonomi antara negara-negara anggota ASEAN, dengan tujuan untuk mengurangi hambatan perdagangan antara negara anggota dan meningkatkan perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara. ( Vietnam, Laos, dan Myanmar)

Uni Eropa (European Union/EU): merupakan lembaga kerjasama ekonomi dan politik antara negara-negara di Eropa, dengan tujuan untuk mempromosikan integrasi ekonomi dan politik serta mengurangi hambatan perdagangan antara negara anggota.

( Spanyol, Swedia, Portugal, Yunani)

G-20: merupakan kelompok kerjasama ekonomi antara 20 negara terbesar di dunia, yang terdiri dari negara-negara maju dan berkembang. G-20 memiliki peran penting dalam mengatasi masalah ekonomi global dan mengkoordinasikan kebijakan ekonomi antara negara-negara anggota. ( Prancis, Rusia, Cina Uni Eropa, Indonesia, Kanada)

Penjelasan:

di masing-masing jawaban di beda-bedakan negaranya, agar lebih banyak opsi yang dapat ditulis dan tidak monoton

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh MrNobody21 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 28 Jun 23