Saudara Mahasiswa ... Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari ferrisy99 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Saudara Mahasiswa ... Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat. Setiap negara mempunyai cara sendiri dalam mengatur tiap individu dalam mengelola sumber daya yang tidak terbatas. Sistem ekonomi yang dikenal di dunia ada tiga, sistem ekonomi pasar, sistem ekonomi terpusat dan sistem ekonomi campuran, berikan pendapat saudara sistem ekonomi apa yang digunakan di Indonesia mengapa? Berikan alasannya.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Sistem ekonomi yang digunakan di Indonesia adalah sistem ekonomi campuran. Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang menggabungkan elemen-elemen dari sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi terpusat. Sistem ekonomi campuran menggabungkan kelebihan dari kedua sistem ekonomi tersebut, yaitu fleksibilitas dan kontrol.

Sistem ekonomi campuran di Indonesia mengizinkan pemerintah untuk mengatur dan mengontrol sebagian besar aspek ekonomi, seperti pajak, subsidi, dan investasi. Pemerintah juga dapat mengatur jumlah uang yang beredar di pasar dan mengatur tingkat suku bunga. Namun, pemerintah juga mengizinkan pasar untuk beroperasi dengan bebas, sehingga para pelaku ekonomi dapat mengambil keputusan ekonomi yang tepat.

Sistem ekonomi campuran di Indonesia juga mengizinkan pemerintah untuk mengatur dan mengontrol sebagian besar aspek ekonomi, seperti pajak, subsidi, dan investasi. Hal ini memungkinkan pemerintah untuk mengatur tingkat pengangguran, meningkatkan kualitas pendidikan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, sistem ekonomi campuran di Indonesia dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan kondisi yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh naurotulfudzla dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 14 Jul 23