tolong bantu di jawab​

Berikut ini adalah pertanyaan dari hildahinayah07 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tolong bantu di jawab​
tolong bantu di jawab​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

0

Penjelasan:

Untuk menghitung jumlah barang yang diminta konsumen, pertama-tama kita harus mencari nilai Qd terlebih dahulu. Dengan menggunakan fungsi permintaan yang diberikan, kita dapat menghitung nilai Qd sebagai berikut:

Qd = 100 - 3P

Qd = 100 - 3 x 20.000

Qd = 100 - 60.000

Qd = -59.900

Karena nilai Qd tidak boleh bernilai negatif, maka kita harus mencari nilai P yang membuat Qd bernilai positif. Dengan menggunakan fungsi permintaan yang sama, kita dapat mencari nilai P yang tepat sebagai berikut:

Qd = 100 - 3P

100 = 3P

P = 100/3

P = 33.333

Setelah kita mengetahui nilai P yang tepat, kita dapat mencari nilai Q yang diminta konsumen dengan menggunakan fungsi permintaan yang sama seperti di atas.

Qd = 100 - 3P

Qd = 100 - 3 x 33.333

Qd = 100 - 100

Qd = 0

Dengan demikian, jika harga barang di pasar sebesar Rp. 20.000, maka jumlah barang yang diminta konsumen adalah 0.

Nilai Qd yang bernilai 0 menunjukkan bahwa pada saat harga barang sebesar Rp. 20.000, tidak ada konsumen yang meminta barang tersebut. Ini dapat terjadi karena harga barang tersebut terlalu tinggi, sehingga tidak ada konsumen yang mampu atau tertarik untuk membelinya.

Untuk meningkatkan permintaan barang tersebut, perusahaan atau produsen dapat menurunkan harga barang sesuai dengan kemampuan konsumen. Dengan demikian, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli barang tersebut, sehingga permintaan akan meningkat. Namun, perusahaan atau produsen harus memperhatikan keseimbangan antara harga barang yang rendah dengan keuntungan yang diperoleh, agar usahanya tetap menguntungkan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh iqbalzz dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 08 Mar 23