Antisipasi terjadinya Ekonomi Moneter dalam menghadapi tahun ini/tahun depan resesi

Berikut ini adalah pertanyaan dari putriamy291099 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Antisipasi terjadinya Ekonomi Moneter dalam menghadapi tahun ini/tahun depan resesi ekonomi, Jelaskan penerapan strategi ekonomi terkait potensi ekonomi apa saja yang bisa dikembangkan di Sumatera Barat, lalu hubungkan dengan tahun ini/tahun depan, apakah Sumatera Barat berpeluang terdampak "triple hit": resesi global, resesi nasional dan pelarangan ekspor Batu Bara ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Untuk menghadapi resesi ekonomi tahun ini/tahun depan, salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam Ekonomi Moneter adalah dengan meningkatkan investasi. Dalam konteks Sumatera Barat, salah satu potensi ekonomi yang dapat dikembangkan adalah sektor pariwisata. Sumatera Barat memiliki beragam destinasi wisata alam, budaya, dan sejarah yang dapat dikembangkan sebagai daya tarik wisata. Selain itu, Sumatera Barat juga memiliki potensi agribisnis yang dapat dikembangkan, seperti tanaman karet, kelapa sawit, dan kopi.

Selain itu, pemerintah daerah juga dapat meningkatkan peran sektor industri dalam perekonomian. Salah satunya dengan menarik investasi pada sektor manufaktur dan logistik. Pemerintah daerah juga dapat meningkatkan peran sektor jasa, seperti jasa perdagangan, jasa transportasi, dan jasa perhotelan.

Dalam konteks tahun ini/tahun depan, Sumatera Barat memiliki peluang untuk terdampak "triple hit" resesi global, resesi nasional dan pelarangan ekspor batu bara. Namun, dengan adanya diversifikasi sektor ekonomi, Sumatera Barat dapat lebih tangguh dalam menghadapi resesi ekonomi dan diproyeksikan dapat terdapat peningkatan pada sektor pariwisata, agribisnis dan industri. Pemerintah daerah juga harus meningkatkan pengawasan dan pengelolaan sumber daya alam agar dapat digunakan secara bijak dan berkelanjutan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Dan5461 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 11 Apr 23