Bagaimana mwkanisme perubahan keseimbangan pasae akibar dari adanya perubahan permintaan

Berikut ini adalah pertanyaan dari slolopajar pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bagaimana mwkanisme perubahan keseimbangan pasae akibar dari adanya perubahan permintaan dan penawaran?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Perubahan keseimbangan pasar dapat terjadi karena adanya perubahan permintaan atau penawaran atau kedua-duanya.

Perubahan permintaan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan harga barang lain yang berhubungan dengan barang tersebut, perubahan pendapatan konsumen, perubahan preferensi konsumen, atau perubahan jumlah konsumen yang tersedia di pasar. Jika permintaan meningkat, maka harga barang akan naik dan kuantitas yang ditawarkan di pasar akan berkurang. Sebaliknya, jika permintaan menurun, maka harga barang akan turun dan kuantitas yang ditawarkan di pasar akan meningkat.

Perubahan penawaran dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan harga bahan baku, perubahan biaya produksi, perubahan teknologi produksi, atau perubahan jumlah produsen yang tersedia di pasar. Jika penawaran meningkat, maka harga barang akan turun dan kuantitas yang diminta di pasar akan meningkat. Sebaliknya, jika penawaran menurun, maka harga barang akan naik dan kuantitas yang diminta di pasar akan berkurang.

Perubahan keseimbangan pasar akan terjadi pada saat permintaan dan penawaran tidak seimbang, yaitu jika permintaan lebih besar daripada penawaran, maka harga akan naik hingga keseimbangan tercapai. Sebaliknya, jika penawaran lebih besar daripada permintaan, maka harga akan turun hingga keseimbangan tercapai.

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh kanzakikun2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 07 Apr 23