Menjelang memasuki bulan Ramadhan, PT Prima Sehat memprediksi akan ada

Berikut ini adalah pertanyaan dari suriy611 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Menjelang memasuki bulan Ramadhan, PT Prima Sehat memprediksi akan ada peningkatan kebutuhan akan daging segar. Untuk itu perusahaan berupaya mengoptimalkan momen ini bagi peningkatan keuntungan perusahaan. Salah satu upaya yg dilakukan adalah mengotimalkan pendapatan dari sektor peternakan dengan menghitung optimalisasi pangan ternak. Bahan baku pakan ternak yang digunakan saat ini adalah sangka dan kala, dengan harga Rp. 20 dan Rp. 30 per kg.Setiap pakan ternak harus mengandung unsur alfa tidak kurang dari 30 unit dan gama 120 unit, serta unsur beta paling banyak 280 unit. Komposisi pakan yang terdiri dari sangka dan kala adalah paling banyak 8 berbanding 1. Dari informasi yng diterima diketahui komposisi per kg sangka terdiri dari alfa 6 unit, Beta 20 unit dan 10 unit Gama. Sedangkan per kg Kala mengandung komposisi alfa 3 unit, Beta 40 unit dan 40 unit Gama. Perusahaan hanya menyediakan Sangka sebanyak 8 Kg setiap kali proses

Silahkan gunakan programa linier metode grapik untuk menyelesaikan kasus di atas

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dengan metode grafik pada program linear, PT Prima Sehat bisa mengoptimalkan komposisi pakan ternak dengan komposisi penggunaan sangka sebanyak 7 kg dan kala sebanyak 1 kg (7:1). Pada komposisi ini, tiap-tiap kg pakan ternak akan mengandung 30 unit alfa, 120 unit gama  dan 280 unit beta sehingga sesuai dengan kebutuhan. Komposisi ini akan akan membantu perusahaan memenuhi kebutuhan daging segar yang meningkat selama bulan Ramadhan sehingga pendapatan pun akan optimal.

Pembahasan

Pada situasi di soal, PT Prima Sehat hendak mengoptimalkan komposisi pakan ternak guna memenuhi kebutuhan daging segar selama Ramadhan. Dengan menggunakan metode grafik pada program linear, langkah-langkah yang dilaksanakan antara lain adalah:

  • Identifikasi variabel. Tentukan variabel-variabel yang akan dihitung, untuk soal ini adalah jumlah kg sangka (x) dan jumlah kg kala (y) sebagai komposisi pakan ternak.
  • Membuat fungsi tujuan. Tentukan fungsi tujuan yang ingin dioptimalkan. Untuk soal ini, PT Prima Sehat hendak memaksimalkan keuntungan perusahaan. Maka itu, fungsi tujuan yang dioptimalkan yakni harga jual pakan ternak.
  • Membuat batasan-batasan. Tentukan batasan-batasan yang harus dipenuhi dalam pengoptimalan komposisi pakan. Untuk soal ini, batasan-batasan yang harus dipenuhi:
    - Kandungan alfa tidak kurang dari 30 unit: 6x + 3y ≥ 30
    - Kandungan gama tidak kurang dari 120 unit: 10x + 40y ≥ 120
    - Kandungan beta tidak lebih dari 280 unit: 20x + 40y ≤ 280
    - Kebutuhan sangka tidak lebih dari 8 kg: x ≤ 8
    - Kebutuhan kala adalah 1 kg: y = 1
    - Non-negativitas: x ≥ 0, y ≥ 0
  • Membuat grafik. Buatlah grafik menggunakan sumbu x dan y yang masing-masingnya mewakili jumlah sangka juga kala pada komposisi pakan ternak. Gambarlah garis-garis yang merepresentasikan batasan-batasan yang sudah ditentukansblmnya.
  • Menemukan titik optimal. Titik optimal merupakan titik yang memenuhi semua batasan dan memberikan nilai maksimal untuk fungsi tujuan. Cara menemukan titik ini adalah dengan mengidentifikasi area yang ada pada semua batasan yang terpenuhi.

Titik optimal untk soal ini terletak pada 7 kg sangka (x) dan 1 kg kala (y). Dengan komposisi tersebut, setiap kg pakan ternak akan mengandung 30 unit alfa, 120 unit gama dan 280 unit beta sesuai dengan kebutuhan yang ditetapkan.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ11

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 09 Aug 23