2. Komite sekolah dibentuk dan berperan dalam peningkatan kualitas pendidikan

Berikut ini adalah pertanyaan dari fahlianyahi pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Komite sekolah dibentuk dan berperan dalam peningkatan kualitas pendidikan terkait pemberianarahan,dukungan dan bantuan bagi sekolah termasuk dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan
pendidikan.
Pertanyaan:
Bagaimanakah peran komite sekolah dalam pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan agar
kurikulum tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat satuan pendidikan khususnya
jenjang SD? Jelaskan.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dewan sekolah berperan dalam pengembangan kurikulum sekolah. Dewan sekolah dapat meninjau, mendukung, mengelola, dan menghubungkan pelaksanaan kurikulum pendidikan di sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

Pembahasan

Definisi kurikulum adalah seperangkat atau sistem rencana dan kesepakatan tentang isi dan materi pembelajaran yang memandu kegiatan belajar mengajar. Secara etimologis, kurikulum berasal dari istilah curriculum dimana kurikulum bahasa Inggris adalah rencana pelajaran. Kurikulum berasal dari bahasa latin currere, dan kata currere memiliki banyak arti. Artinya, lari cepat, lari cepat, oper, coba, dll. Kurikulum pendidikan merupakan alat dan komponen kunci dari suatu sistem pendidikan yang mengarah pada pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan. Silabus mencakup sejumlah mata pelajaran yang diharapkan dapat diselesaikan oleh siswa dan mencakup seluruh pengalaman belajar. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi implementasi kurikulum di sekolah. Salah satunya adalah adanya komite sekolah yang terdiri dari anggota masyarakat dan dewan guru.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang pengembangan kurikulum di Indonesia yomemimo.com/tugas/3777707

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hatemonday dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 30 Jan 23