berikan pendapat Anda mengenai perbedaan tiga macam sistem ekonomi yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari rioagustian5510 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

berikan pendapat Anda mengenai perbedaan tiga macam sistem ekonomi yang ada di dunia dan jelaskan sistem ekonomi apa yang digunakan di Indonesia .​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Terdapat tiga macam sistem ekonomi yang digunakan di dunia, yaitu sistem ekonomi pasar, sistem ekonomi sosialis, dan sistem ekonomi campuran. Sistem ekonomi pasar diterapkan pada negara-negara yang memberikan kebebasan kepada pasar untuk menentukan harga dan alokasi sumber daya. Sedangkan sistem ekonomi sosialis memberikan kontrol penuh kepada negara atas ekonomi dan alokasi sumber daya. Sistem ekonomi campuran merupakan kombinasi antara sistem ekonomi pasar dan sosialis, di mana pasar dan pemerintah saling berinteraksi dalam mengalokasikan sumber daya.

Di Indonesia, sistem ekonomi yang diterapkan adalah sistem ekonomi campuran, yang terdiri dari pasar bebas dan campuran dengan campur tangan pemerintah yang cukup besar dalam regulasi dan pengaturan ekonomi. Pemerintah memiliki peran penting dalam mengawasi dan mengatur aktivitas ekonomi serta memfasilitasi investasi dan bisnis. Meskipun demikian, Indonesia masih terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pasar dalam sistem ekonominya.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh khansaagoes dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 28 Jul 23