Setiap bagian kehidupan terdiri dari sistem dan subsistem. Sistem dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari ecullen875 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Setiap bagian kehidupan terdiri dari sistem dan subsistem. Sistem dan subsistem membentuk organisasi publik ataupun swasta. Jelaskan karakteristik sistem yang Anda ketahui!EKMA4434-3
Sistem informasi suatu organisasi secara umum terdiri dari beberapa komponen. Komponen-komponen tersebut saling berhubungan dan bersinergi satu dengan lainnya. Kelemahan pada salah satu komponen akan mempengaruhi kinerja komponen lainn. Jelaskan komponen-komponen berikut ini:
a. Komponen input
b. Komponen output
c. Komponen basis data
d. Komponen model
Tindakan manajemen dalam suatu perusahaan dalam pengambilan keputusan terkait erat dengan pemilihan alternatif untuk mencapai sasaran. Keputusan manajemen perusahaan dapat diklasifikasikan dalam beberapa tipe. Jelaskan masing-masing tipe keputusan manajemen dan berikan contohnya!
Sebagaimana yang anda ketahui, terdapat beberapa jenis kebutuhan konsumen yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller (2016), yaitu: Stated needs; Real needs; Unstated needs; Delight needs; dan Secret needs.
a. Jelaskan masing-masing definisi kebutuhan tersebut dan berikan contohnya dalam kehidupan anda
sehari-hari.
b. Menurut anda manakah yang lebih penting dalam kehidupan kita? Urutkan dari prioritas terendah
sampai prioritas tertinggi yang disesusaikan dengan kehidupan anda saat ini.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Karakteristik Sistem

Sistem memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari unsur-unsur yang membentuknya. Karakteristik sistem antara lain:

  • Terdiri dari komponen-komponen yang saling berinteraksi dan bersinergi satu sama lain untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Memiliki batas atau lingkungan yang membedakan antara sistem dengan unsur-unsur di luar sistem.
  • Terdapat input dan output yang mengalir masuk dan keluar dari sistem.
  • Memiliki tujuan atau misi yang harus dicapai.
  • Terdapat umpan balik (feedback) yang menginformasikan kinerja sistem dan memungkinkan perbaikan dan pengembangan sistem.

Komponen Sistem Informasi

  • Komponen Input, Merupakan komponen yang berfungsi untuk mengumpulkan data atau informasi dari sumber luar atau dalam organisasi. Contohnya adalah formulir pendaftaran, surat masuk, email, atau laporan keuangan.
  • Komponen Output, Merupakan komponen yang menghasilkan informasi atau hasil pengolahan data yang akan digunakan oleh pengguna atau sistem lain. Contohnya adalah laporan keuangan, surat keluar, atau email balasan.
  • Komponen Basis Data, Merupakan komponen yang berisi data atau informasi yang dikelola oleh sistem informasi. Basis data biasanya terdiri dari beberapa tabel atau file yang saling berhubungan. Contohnya adalah basis data pelanggan, basis data karyawan, atau basis data produk.
  • Komponen Model, Merupakan komponen yang berisi perhitungan atau algoritma untuk memproses data menjadi informasi yang bermanfaat. Contohnya adalah model peramalan penjualan, model analisis kredit, atau model prediksi pasar.

Tipe Keputusan Manajemen:

  • Keputusan Operasional adalah keputusan yang diambil oleh manajemen operasional dalam menjalankan aktivitas sehari-hari perusahaan. Keputusan ini terkait dengan tugas dan fungsi spesifik di departemen tertentu, misalnya keputusan pembelian bahan baku, penjadwalan produksi, atau penerimaan karyawan baru.
  • Keputusan Taktis adalah keputusan yang diambil oleh manajemen menengah dalam mengelola departemen atau fungsi tertentu. Keputusan ini terkait dengan alokasi sumber daya, pengembangan produk, atau promosi.
  • Keputusan Strategis adalah keputusan yang diambil oleh manajemen puncak dalam merumuskan tujuan jangka panjang dan mengarahkan perusahaan menuju pencapaian tujuan tersebut. Keputusan ini terkait dengan penetapan visi, misi, dan strategi perusahaan, investasi, dan akuisisi perusahaan.

Pembahasan

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing kebutuhan yang telah diklasifikasikan oleh Kotler dan Keller, yaitu:

  • Real needs adalah kebutuhan yang sebenarnya. Contohnya  konsumen membutuhkan mobil yang biaya pengoperasiannya bukan harga murah.
  • Unstated needs adalah kebutuhan yang tidak diutarakan konsumen. Contohnya konsumen mengharapkan pelayanan yang maksimal dari sebuah hotel.
  • Stated needs adalah kebutuhan yang diungkapkan. Contohnya konsumen membutuhkan mobil yang tidak mahal, bahkan konsumen bisa menyatakan kisaran budget yang ia sediakan.
  • Delight needs adalah kebutuhan yang timbul hanya untuk menyenangkan konsumen. Contohnya konsumen berharap dealer memberikan gratis service motor beberapa kali setelah pembelian.
  • Secret needs adalah kebutuhan/keinginan rahasia konsumen. Contohnya konsumen berharap agar sales dealer melihat bahwa ia juga memiliki wawasan luas mengenai dunia mobil.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang beberapa jenis kebutuhan konsumen yomemimo.com/tugas/40486148

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mohhan86 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 28 Jul 23